6 Masalah Psikologis Selama Covid-19 di Indonesia

-

- Advertisment -

6 Masalah Psikologis Selama Covid-19 di Indonesia

KLIKKABAR.COM,  JAKARTA –  Ikatan Psikolog Knilis (IPK) Indonesia menemukan 6 masalah psikologis yang paling banyak dialami orang Indonesia selama pandemi sejak Maret-Agustus 2020.

Data Satgas IPK didapat dari analisis 14.619 klien individu, 927 klien keluarga, dan 191 klien komunitas. Dari segi usia, klien anak/remaja berjumlah 4.690, klien dewasa 9.426, dan klien lansia 501. Hasilnya, enam masalah yang paling banyak dialami orang Indonesia yakni hambatan belajar, keluhan stres umum, keluhan cemas, mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah, gangguan cemas, dan keluhan somatis.

“Kalau keluhan-keluhan ini tidak tertangani dengan baik, ini dapat berkembang menjadi gangguan dan membahayakan kesehatan jiwa,” kata Ketua Umum IPK Indonesia psikolog Indria L Gamayanti saat memaparkan temuannya di webinar, Rabu (14/10/2020).

Masalah yang paling banyak dijumpai adalah hambatan belajar yakni 25,8%. Proses belajar dari tatap muka di sekolah menjadi belajar daring di rumah banyak membuat siswa dan orang tua stres. Lalu, stres umum 23,9%, cemas 18,9 %, mood swing 9,3%, gangguan cemas 8,8 %, dan keluhan somatis 4,7 %.

Untuk mengatasi keluhan ini, Gamayanti menyarankan setiap orang dapat membiasakan diri belajar dan bekerja dari rumah, memanfaatkan teknologi dengan lebih baik, dan mencari aktivitas selingan yang menyenangkan untuk menghilangkan stres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda