Indonesia Belum Alami Puncak Covid-19

-

- Advertisment -

Indonesia Belum Alami Puncak Covid-19

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Sejumlah negara saat ini sudah mulai menghadapi gelombang kedua Covid-19 dan sudah bisa mengatasinya. Jadi kapan puncak Covid-19 di Indonesia?

Indonesia masih di gelombang pertama yang belum menunjukkan penurunan kasus, dan berpotensi tetap naik hingga tahun depan jika tidak ada perubahan dalam penanganannya.

“Kami memprediksi Indonesia sudah berhasil mencegah gelombang kedua, karena gelombang pertama belum dilewati,” kata Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono dilansir CNBC Indonesia, Jumat (30/10/2020).

“Trennya masih meningkat sampai akhir tahun meningkat kalau tidak ada perubahan bisa sampai tahun depan, jadi memang konsistensi penangan pandmei kita tidak bisa setengah,” tambahnya.

Pandu mengatakan kegiatan ekonomi tetap harus dilakukan, namun tetap harus dibarengi dengan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk mengurangi risiko penularan.

“Dua kombinasi itu kita bisa menekan penularan, tetapi keduanya kan tidak terjadi. Perilaku penduduk masih rendah memakai maskar ini contoh sulitnya mengendalikan pandemi Covid-19,” katanya.

Inilah yang menurut Pandu, merupakan kontradiksi antara pemulihan ekonomi dengan penanganan pandemi Covid-19. Apalagi banyak diskon dan paket-paket perjalanan yang disediakan untuk menarik orang berpergian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda