Covid-19 Ubah Pertemanan di Indonesia

-

- Advertisment -

Covid-19 Ubah Pertemanan di Indonesia

KLIKKABAR.COM, JAKARTA –   Professor Dwi Noverini Djenar, pakar pertemanan yang berkontribusi pada The Friendship Report, mengatakan orang Indonesia menggunakan sebutan ‘teman’ dengan pengertian yang berbeda dari cara penggunaan kata friend dalam bahasa Inggris.

“Teman bisa seseorang yang pernah kamu temui dan belum pernah dihubungi lagi sejak pertama kali bertemu, atau teman yang biasa kamu hubungi. Orang Indonesia juga sadar, ada teman yang lebih dekat daripada yang lain. Teman dekat adalah yang disebut sahabat. Teman yang sudah lama dikenal dan yang dipercaya,” katanya seperti dikutip dalam siaran pers SNAP, Rabu (28/10/2020).

The Friendship Report, bekerja sama dengan Alter Agents, melakukan survei terhadap 30.000 responden yang mewakili secara nasional berusia 13 hingga 44 tahun di Australia, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Norwegia, Kerajaan Arab Saudi, Spanyol, Uni Emirat Arab, Inggris, dan AS.

Hasil studi itu yakni rata-rata orang Indonesia mempunyai 1-3 sahabat dan mayoritas mengatakan bahwa mereka berkomunikasi beberapa kali dalam sepekan atau lebih (80%). Kaum milenial saat ini juga memiliki lingkaran pertemanan dekat yang erat (76%).

Sebagian besar orang Indonesia setuju bahwa komunikasi digital telah membantu mereka mempertahankan pertemanan selama isolasi (Covid-19) (87%) dan terhubung kembali dengan teman-teman mereka yang hilang (77%).

Berhubungan dengan teman mereka menggunakan komunikasi digital sangat penting untuk pertemanan mereka (72%).

Kemudian 37% responden menggunakan Snapchat untuk berinteraksi dengan teman dekat mereka, 71% di antaranya mengatakan bahwa Snap yang unik memperkuat persahabatan mereka.

Sebagian besar orang Indonesia (89%) berteman dengan seseorang yang mereka temui secara online -95% dari aplikasi sosial.

Komunikasi digital membantu responden untuk tetap berhubungan dengan teman yang jauh dari mereka (84%) dan membantu teman untuk saling mendukung satu sama lain (79%).

Sebagian besar responden juga mengatakan bahwa komunikasi digital lebih menyenangkan (73%) dan membuat bersosialisasi lebih kreatif (72%).

Snap Inc. adalah perusahaan kamera dan media sosial Amerika, didirikan pada 16 September 2011, oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown yang berbasis di Santa Monica, California.

Perusahaan mengembangkan dan memelihara sejumlah produk dan layanan teknologi, yaitu Snapchat, Spectacles, dan Bitmoji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda