Profesi yang akan Hilang dalam 5 Tahun Mendatang

-

- Advertisment -

Profesi yang akan Hilang dalam 5 Tahun Mendatang

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – The Future of Jobs 2020 pada Oktober 2020 merilis jenis pekerjaan yang akan hilang dalam 5 tahun ke depan.

Di dalam laporan ini bisa dibaca pekerjaan yang akan tetap, akan muncul dan akan hilang dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Laporan itu juga menyebutkan jenis keterampilan yang paling dibutuhkan yang relevan di dunia kerja kelak. Demikian juga dampak Covid-19 di dunia kerja dibahas.

“83% perusahaan akan meningkatkan pekerjaan yang bersifat remote, 84% memercepat digitalisasi, 50% memercepat automasi.  Soal yang terakhir ini, kalau sekarang 67% pekerjaan masih dilakukan manusia, 5 tahun lagi diperkirakan angkanya susut menjadi 53%,” demikian tulis wartawan senior Satrio Arismunandar di grup WA, Minggu (25/10/2020).

Laporan ini juga menunjukkan bakal hilangnya 85 juta lapangan pekerjaan lama, dan munculnya 97 juta pekerjaan baru. Dalam situasi itu, 50% pekerja bakal membutuhkan reskilling dalam 5 tahun ke depan, dengan 40% core skills bakal berubah.

“Mungkin baik juga kalau kita di Indonesia membacanya sambil berpikir apakah UU Cipta Kerja sudah mengantisipasi perubahan-perubahan yang pasti terjadi ini. Kalau ternyata belum mengantisipasinya, apa yang perlu dilakukan agar kebaikan untuk para pekerja benar-benar bisa diwujudkan di Indonesia?” tanyanya.

Laporan selengkapnya bisa diunduh di https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda