4 Jurus Ketua MPR Hadapi Covid-19

-

- Advertisment -

4 Jurus Ketua MPR Hadapi Covid-19

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan Covid-19 saat ini masih terus menghantui kehidupan masyarakat dan berdampak pada berbagai sektor kehidupan. Setidaknya ada empat aspek yang dapat dijadikan rujukan menghadapi pandemi. Antara lain berPikir positif, bersikap optimis, berpandangan visioner, dan bergerak bersama. 

“Berfikir positif pada hakikatnya membuka fikiran kita dalam melihat setiap persoalan, melihat segala peluang yang dapat dimanfaatkan, dan melakukan hal-hal terbaik di tengah berbagai kesulitan yang kita hadapi,” ujar Bambang Soesatyo (Bamsoet)  dalam Webinar yang diselenggarakan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS) dari ruang kerja Ketua MPR RI di Jakarta, Rabu (30/09/20).

Bamsoet menuturkan, aspek kedua adalah bersikap optimis dalam melewati masa pandemi. Sikap optimis ini tidak hanya dibangun dengan menciptakan iklim kondusif di ruang-ruang publik. Namun, juga mesti dilakukan dengan mengedepankan kebijakan-kebijakan yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Aspek ketiga, lanjutnya adalah berpandangan visioner yang meliputi dua aspek. Pertama, adanya kesadaran bahwa pandemi yang saat ini dihadapi, sangat mungkin terjadi kembali di masa depan. Karenanya, dari sekarang perlu dirumuskan strategi penanganan pandemi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga, tidak akan tergagap ketika di masa depan menghadapi pandemi kembali.

aspek keempat dalam penanganan pandemi Covid-19 adalah bergerak bersama. Perlu dipahami bersama bahwa mengatasi dampak pandemi yang bersifat multidimensional harus dilakukan melalui usaha bersama. Tidak mungkin mengandalkan satu unsur atau satu pihak saja yang secara heroik mampu menyelesaikan seluruh persoalan. Segala bentuk kebijakan dan program pemerintah tidak akan efektif dan optimal dalam menangani pandemi, jika tidak didukung oleh seluruh komponen masyarakat. 

“Diperlukan kerja bersama seluruh stakeholders. Dan terpenting adanya semangat kebersamaan dan jiwa gotong royong. Saya meyakini, dengan menyatukan langkah dan bergerak bersama, kita akan mampu melewati masa-masa sulit ini,” pungkas Bamsoet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda