Jokowi, Prabowo & Anies Tertinggi Elektabilitas Pilpres 2024

-

- Advertisment -

Jokowi, Prabowo & Anies Tertinggi Elektabilitas Pilpres 2024

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat jika Jokowi bisa mencalonkan diri pada Pilpres 2024, maka berpeluang menang karena elektabilitas dia nomor 1 mencapai 18%.

Lalu disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan elektabilitas 12% dan posisi ketiga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabitas 5,7%. Kemudian ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabitas 3,5%.

“Kalau nama Pak Jokowi tidak dimasukkan dalam simulasi, suara Pak Jokowi itu menjadi menyebar. Belum ke satu calon tertentu kalau kita perhatikan, tetapi paling banyak itu ke Pak Ganjar,” ujar  Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam jumpa pers daring, Senin (22/2/2021).

LSI melakukan survei dengan menghilangkan Jokowi dari daftar nama kandidat. Sebab Jokowi tak bisa maju kembali lantaran telah menjabat selama dua periode. Pada simulasi 29 nama, 14 nama, dan 10 nama, Prabowo teratas dengan tingkat keterpilihan di atas 20%. Dua nama bersaing ketat. Ganjar selalu menempati urutan kedua saat Jokowi tak masuk daftar kandidat. Sementara Anies harus puas di posisi ketiga.

Survei melibatkan 1.200 responden yang dipilih lewat metode multi stage random sampling. Survei mencantumkan margin of error survei ini kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda