Belanda Kembalikan Berlian 70 Karat Milik Sultan Banjarmasin

-

- Advertisment -

Belanda Kembalikan Berlian 70 Karat Milik Sultan Banjarmasin

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Belanda bakal mengembalikan sekitar 100.000 benda pusaka milik Indonesia yang dirampok semasa penjajahan.

Hal ini disebutkan oleh Direktur Rijksmuseum dan Tropenmuseum di Amsterdam  tempat pusaka tersebut dipamerkan. Satu di antara ratusan ribu pusaka yang akan dikembalikan yakni berlian 70 karat milik Sultan Banjarmasin.

Barang tersebut dikuasai Belanda di akhir abad ke-19 dan kini dipajang di Rijksmuseum. Demikian dilansir The Guardian via laman CNN, Sabtu (10/10/2020),

Direktur Rijksmuseum, Taco Dibbits mengatakan lembaganya sudah bekerja untuk mengidentifikasi asal-usul koleksi dan struktur formal untuk pengembalian akan diterima.

“Ini adalah masalah penting yang semakin mendapat perhatian, termasuk internasional, dalam beberapa dekade terakhir,” ujarnya.

“Kami berharap hal ini berkontribusi pada dialog yang konstruktif dengan negara asal. Selain itu, penting agar museum bekerja sama secara internasional untuk menambah pengetahuan tentang kawasan ini,” lanjutnya.

Direktur Tropenmuseum, Stijn Schoonderwoerd mengatakan kepada surat kabar Het Parool bahwa apa yang dilakukan pemerintnah Belanda merupakan sebuah langkah yang maju.

“Dengan ini, Belanda mengambil tanggung jawabnya dengan mengakui ketidakadilan dan memungkinkan untuk mengembalikannya. Kami menyambutnya,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda