Abu Doto Kenang Adnan Ganto Sosok Dermawan

-

- Advertisment -

Abu Doto Kenang Adnan Ganto Sosok Dermawan

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Gubernur Aceh periode 2012-2017 Zaini Abdullah menyatakan Aceh bahkan Indonesia kehilangan sosok yang peduli kepada bangsa dengan berpulang ke Rahmatullah Adnan Ganto pada Selasa (24/3/2021) di Jakarta.

Adnan Ganto di mata Abu Doto – sapaan akrab Zaini Abdullah – adalah pribadi yang peduli kepada masyarakat.

“Saya kenal beliau setelah MoU Helsinki dan terus berlanjut hingga saya diamanahkan sebagai gubernur,” ungkap Abu Doto, Rabu (24/3/2021) di Banda Aceh.

Abu doto sangat kaget dengan kabar meninggalnya sahabatnya baiknya Adnan Ganto. Kemudian Abu Doto menghubungi Ibu Tina – istri Adnan Ganto – menyatakan turut berduka cita sedalam-dalamnya.

“Selama jadi gubernur, Pak Adnan Ganto banyak membantu di Aceh. Saya minta beliau jadi penasihat saya untuk membenahi BPKS Sabang. Demikian juga ada peran Pak Adnan Ganto dalam mengubah sistem bank konvensional ke bank syariah,” jelas Abu Doto.

Dia juga menjelaskan, kepedulian Pak Adnan Ganto ke tanah leluhurnya di bidang pendidikan tak bisa dibantah lagi. Dia memberikan beasiswa kepada pelajar atau mahasiswa di UIN Ar-Raniry, Unimal dan Unsyiah agar anak-anak Aceh bisa melanjutkan pendidikan dengan baik.

Hubungan baik Adnan Ganto dengan Abu Doto terjalin dengan baik. Abu Doto sering ke rumah Adnan Ganto di Menteng Jakarta dan kenal baik dengan keluarga tersebut.

“Semoga almarhum ditempatkan di sisi Allah, diampuni dosa-dosanya dan kepada keluarga dapat menerima cobaan ini dengan sabar,” harap Abu Doto.

Almarhum di masa tuanya dikenal aktif di berbagai organisasi. Salah satunya dia dipercayakan sebagai Ketua Dewan Penasehat Keluarga Besar Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PPTIM).

Adnan Ganto adalah seorang putera dan tokoh Aceh yang terlahir dari sebuah desa terpencil hingga sukses menjadi bankir di sejumlah bank luar negeri.

Adnan Ganto sebagaimana dilansir dari Wikipedia, merupakan orang Asia pertama yang berhasil menjabat posisi strategis di Bank Inggris yaitu Morgan Bank Ltd.

Di Bank Inggris tersebut ia bekerja selama 23 tahun. Lalu pada tahun 1987, dia diangkat menjadi Director Investement Banking di Singapura. Terakhir, Adnan menjabat sebagai Executive Director di New York, Amerika Serikat.

Tercatat, Adnan Ganto telah berkarier selama 37 tahun di Bank Asing. Ia pernah ditugaskan di Amsterdam, Hong Kong, Singapore, London, Zurich hingga New York.

Selain berprestasi di tingkat dunia, Adnan Ganto juga berkontribusi nyata untuk Indonesia. Semenjak tahun 1991, Adnan Ganto dipercayakan sebagai penasehat Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Sebanyak 7 Menteri Pertahanan yang menjabat, namun posisinya sebagai penasehat tetap dipertahankan. Selain itu, beliau juga juga merupakan sahabat dari Jenderal TNI (Purn) LB Moerdani.

Meskipun telah sukses di dunia internasional, Adnan Ganto tetap tak lupa dengan tanah kelahirannya yaitu Aceh.

Dialah sosok yang paling berperan saat mengubah status Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh menjadi Bank Aceh Syariah. Proses konversi dari konvensional ke Syariah ini merupakan prestasi Adnan yang layak diapresiasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda