Fadhil Rahmi Lc: 3 ‘Mazhab’ Pemilih di Aceh

-

- Advertisment -

Fadhil Rahmi Lc: 3 ‘Mazhab’ Pemilih di Aceh

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Ada tiga ‘mazhab’ pemilih pilkada atau legislatif di Aceh yang tidak ada di  daerah lain. Tiga jenis pemilih tersebut yakni pemilih ideologis, agamais, dan nasionalis.

Ketiga golongan ini menyalurkan apsirasinya melalui partai politik nasional atau partai politik lokal. Hal ini berdasarkan pengalmaan beberapa kali pemilu dan pilkada di Aceh.

“Pemilih ideologis didominasi oleh mantan kombatan yang memilih eks kombatan pada pilkada dan pemilihan legislatif. Mereka loyalis sejati yang diikat emosional selama perjuangan dan mereka tetap akan ada pada pilkada serentak 2024,” kata aggota DPD RI asal Aceh, M. Fadhil Rahmi, Lc, di Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Fadhil menambahkan mazhab kedua yakni pemilih agamais yang memilih calon pilkada atau caleg  karena ikatan emosional agama. Warga akan memilih calonnya di dewan atau kepala daerah karena yang dipilih itu memiliki kadar agama yang baik yang diyakini bisa membawa aspirasinya bagi pemilih. 

“Partai  lokal dan partai nasional di Aceh bisa menampung aspirasi dari golongan agamais. Kekuatan utama kubu agamais adalah dayah yang secara riil dayah adalah satu kekuatan politik di Aceh,”  ungkapnya usai buka puasa bersama anggota Forum Jurnalis Aceh-Jakarta (For-JAK).

Sedangkan pemilih yang ketiga, tutur Wakil Ketua Komite 3 DPD ini yakni pemilih nasionalis-rasionalis. Hasilnya, hampir di seluruh kabuapaten, caleg atau  kepala daerah yang berasal dari partai politik berhaluan nasionalis sering unggul atau diminati pemilih. Rasionalis disatukan ke nasionalis karena dua golongan ini irisannya kuat.

“Tiga jenis pemilih di Aceh menjadi menarik karena di daerah lain tidak ada pemilih ideologis sebab tidak ada partai lokal. Pada akhirnya kinerja dewan atau kepala daerah yang akan menentukan warga menentukan pilihan pada 2024. Pemilih di Aceh relatif loyal dengan catatan tidak mengecewakan mereka,” ungkap alumni Universitas Al Azhar Mesir ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda