9 Jenis Tidur Siang

-

- Advertisment -

9 Jenis Tidur Siang

KLIKKABAR,COM, KAKARTA – Apakah siang ini Anda sudah bobok siang? Tidur di bulan Ramadhan dinilai ibadah. Maka banyak warga yang memilih tidur siang.

Berikut ini jenis tidur siang dikutip dari Psychology Today .

  1. Ala CEO
    Untuk meningkatkan fokus dan kinerja harianmu, maka tidur siang yang nyenyak (power-nap) selama 25 menit pada pukul 13.00-15.00 adalah pilihan yang tepat. Kalau lewat dari jam tersebut, maka badan kamu mungkin akan terasa tidak enak.
  2. Setelah Minum Kopi
    Jenis tidur ini mengombinasikan tidur siang dalam waktu singkat dengan sebelumnya mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang untuk meningkatkan fokus.
  3. Usai Melahirkan

Ibu (dan ayah) yang merawat bayi biasanya susah tidur nyenyak saat malam hari. Nah, strategi dalam tidur siang jenis ini adalah ikut tidur siang saat anak tidur siang.

  1. Ala Atlet
    Tidur siang adalah pendukung performa kamu yang suka berolahraga dan akan berolahraga. Tidur siang singkat selama 15-20 menit akan memberikan manfaat langsung bagi kinerja fisik dan mental selama jangka waktu tertentu.
  2. Ala Anak Dugen
    Kalau kamu berencana untuk keluar malam, tidur siang selama 90 menit sebelum keluar malam akan membantu kamu punya energi yang cukup.
  3. Ala Orang Spanyol
    Beberapa negara, di antaranya Spanyol, Yunani, Meksiko, Kosta Rika, dan Filipina menjadikan tidur siang bagian dari aktivitas sehari-hari.

Kata siesta berasal dari bahasa Latin hora sexta yang artinya jam keenam. Biasanya, kegiatan sehari-hari dimulai pada saat matahari terbit. Maka enam jam setelahnya jika dihitung dari fajar sampai siang, diistilahkan sebagai waktu “istirahat tengah hari”.

  1. Ala karyawan shift
    Pekerja shift atau pekerja yang mengalami pergantian waktu kerja antara siang-malam atau malam-siang umumnya sulit untuk punya pola tidur sehat karena mereka sering terjaga ketika sudah masuk waktu tidur. Akibatnya, mereka cenderung kurang tidur.
  2. Ala Anak Sekolahan
    Remaja yang kurang tidur membuat mereka berisiko lebih besar mengalami masalah akademis dan psikologis serta masalah kesehatan pada kemudian hari.

Untuk remaja, tidur siang singkat selama 20 menit setelah sekolah, atau tidur pemulihan yang lebih lama — hingga 90 menit — pada akhir pekan bisa membantu mendapatkan pola tidur yang lebih sehat.

  1. ALA Jetlag
    Tidur siang jenis ini berhubungan dengan perjalanan. Tujuannya adalah untuk membebaskan diri dari rasa frustrasi dan kelelahan, mengurangi jetlag, dan membantu menjaga energi saat aktivitas padat. Tidur siang selama 20 menit bisa membantu tubuhmu bertransisi ke zona waktu baru, menggantikan tidur yang hilang selama perjalanan, dan bisa menambah tidur malam saat rencana perjalananmu sangat sibuk.

Demikian 9 jenis tidur siang yang dikutip dari Sindonews, Selasa (13/4/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda