Kantor Gubernur Aceh Banjir Ucapan Selamat ‘Juara Termiskin’ di Sumatera

-

- Advertisment -

Kantor Gubernur Aceh Banjir Ucapan Selamat ‘Juara Termiskin’ di Sumatera

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sejumlah karangan bunga yang berisi ungkapan sindiran terkait dengan kondisi Aceh yang menjadi provinsi termiskin di Sumatera terpasang di depan Kantor Gubernur Aceh, Rabu (17/2).

Beberapa papan bunga bertulisan ‘Selamat Sukses Kepada Pemerintah Aceh Atas Prestasi Provinsi Termiskin se-Sumatera’. Di bawahnya tertera pengirim Rakyat Miskin.

Di papan bunga lain tertulis ‘Terima Kasih Pak Gubernur Telah Mempersembahkan Juara 1 Termiskin se-Sumatera’ dan pengirimnya tertulis ‘Mantan Penjilat’. “Selamat atas jackpot juara 1 termiskin se Sumatera”. Lalu di bawahnya tertulis dari Scatter mania Aceh.

Karangan bunga itu juga mencantumkan nama elemen masyarakat seperti Mugee Eungkot, Rakyat Jelata, Awak Becak, Scatter Mania Aceh dan sebagainya.

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Bulan September 2020, jumlah penduduk miskin di Aceh sebanyak 833,91 ribu orang (15,43 persen), bertambah sebanyak 19 ribu orang pada Maret 2020 sebanyak 814,91 ribu orang (14,99 persen).

Selama periode Maret 2020–September 2020, persentase penduduk miskin di daerah perdesaan dan perkotaan mengalami kenaikan. 

Di perkotaan, persentase penduduk miskin naik sebesar 0,47 poin (dari 9,84 persen menjadi 10,31 persen), sedangkan di daerah perdesaan naik 0,50 poin (dari 17,46 persen menjadi 17,96 persen).  

Komoditi makanan yang berpengaruh besar terhadap nilai Garis Kemiskinan di perkotaan relatif sama dengan di perdesaan, diantaranya adalah beras, rokok, dan ikan tongkol/tuna/cakalang.

Sedangkan untuk komoditi bukan makanan yang berpengaruh terhadap nilai Garis Kemiskinan adalah biaya perumahan, bensin, dan listrik.

Sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2020 (6,59 persen) lebih tinggi dibanding Februari 2020 (5,42 persen). Sebanyak 388 ribu penduduk usia kerja (10,01 persen) terdampak COVID-19 pada Agustus 2020.

Pada September 2020, tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Aceh yang diukur oleh Gini Ratio tercatat sebesar 0,319. Angka ini sedikit mengalami penurunan dibanding Maret 2020 yang tercatat sebesar 0,323.

Secara nasional Aceh menjadi daerah nomor 6 termiskin, setelah Papua, Papua Barat, NTT, Maluku dan Gorontalo.

Sedangkan persentase kemiskinan berdasarkan provinsi yang ada di pulau Sumatera, Aceh menjadi daerah termiskin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda