Raja Thailand HUT, 51 Nelayan Indonesia Dibebaskan

-

- Advertisment -

Raja Thailand HUT, 51 Nelayan Indonesia Dibebaskan

KLIKKABAR.COM,  BANDA ACEH – 51 nelayan  Aceh yang ditahan di Thailand telah mendapatkan pengampunan Raja Thailand dan diterbangkan ke Jakarta pada 1 Oktober 2020.  Kepastian pemulangan puluhan nelayan kecil ini setelah  Ketua DPP (Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Dr. Rizal Damanik menginfokan kepada Ketua DPD KNTI Aceh Tgk Azwar Anas pada Selasa (29/9/2020)

“DPP KNTI di Jakarta telah menghubungi Ibu Menlu RI  dan pemulangan ini berkat usaha serius Kemenelu RI, melalui konsul jenderal RI di Songkla yang memanfaatkan hari ulang tahun Raja Thailand yang jatuh pada 28 Juli 2020,”  kata Ketua DPD KNTI Aceh Tgk Azwar Anas, Selasa (29/9/2020) di Banda Aceh.

Azwar menyebutkan, 51 nelayan Aceh ini ditangkap dalam dua gelombag karena melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Thailand. Pertama, pada Januari 2020, 30 nelayan dan 3 anak-anak. Kedua pada Februari 2020, 21 nelayan dan 3 anak-anak.   Untuk 6 WNI nelayan di bawah umur telah direpatriasi pada 16 Juli 2020. Setelah tiba di Jakarta pada 1 Oktober,  setelah mengikuti protokol kesehatan  akan  diterbangkan ke Aceh atas fasilitasi Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah. 

“Keluarga besar KNTI mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Kemenlu dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang telah  memfasilitasi pemulangan nelayan kecil ini baik dari bangkok ke Jakarta maupun dari  Jakarta ke Aceh,” ungkap Tgk Azwar Anas

Alumni Dayah MUDI Mesra Samalanga ini mengharapkan kepada nelayan Aceh agar aturan dalam mencari rezeki di laut karena kalau sudah musibah termasuk keluarga akan menanggung bebannya apalagi rata rata nelayan ini adalah tulang punggung keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda