Stafsus Presiden Resmikan Pusat Inkubasi Bisnis Pertama di Universitas Teuku Umar

-

- Advertisment -

Stafsus Presiden Resmikan Pusat Inkubasi Bisnis Pertama di Universitas Teuku Umar

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar bersama Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Jasman J. Ma’ruf, meresmikan Pusat Inkubasi Bisnis UTU, yang berlokasi di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh (17/02/2021).

“Peran yang dimainkan oleh Mas Billy, adalah sebagai pengarah, dan juga mentor untuk anak-anak didik kami dalam inkubasi ini”, ujar Rektor UTU.

Billy sendiri berharap pusat inkubasi pertama di universitas negeri paling barat Indonesia ini dapat menjangkau kancah regional bahkan global.

“Harapan besarnya adalah Pusat Inkubasi Bisnis ini dapat menjangkau bukan hanya wilayah Indonesia, namun hingga wilayah Asia Tenggara,” tutupnya.

Billy mengatakan, pada periode kedua pemerintahannya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) salah satu fokus pembangunan yang dilakukan adalah pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Dalam upaya tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong pelaksanaan program pendidikan dengan filosofi “Merdeka Belajar”.

“Salah satu yang dikerjakan untuk mendorong Indonesia maju adalah dengan menciptakan wirausahawan yang akan menggerakan sektor ekonomi dan salah satunya adalah dengan mendorong lebih banyak lagi pusat inkubasi bisnis seperti milik Universitas Teuku Umar ini,” ujarnya.

Pusat inkubasi di UTU ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Billy dengan Mendikbud Nadiem Makarim pada tahun lalu yang menyepakati Program “Bawa Perubahan” atau “Baper”.

Salah satu fokus program tersebut adalah penciptaan ekosistem kewirausahaan, dengan membuat pusat inkubasi bisnis di berbagai wilayah terluar, dan salah satunya adalah di Meulaboh, Aceh.

Melalui Program Baper Billy telah menerangkan model konsep pendidikan secara digital, tentunya dengan pemanfaatan internet untuk meningkatkan literasi anak bangsa, mengurangi buta huruf, mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, dan yang terpenting menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini bagi pelajar di wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan.

Setahun bekerja keras bersama dengan tim dari Universitas Teuku Umar, lahirlah sebuah konsep pengembangan ekosistem kewirausahaan yang beroperasi dengan cukup lancar, menghasilkan ratusan wirausahawan dari kalangan mahasiswa Aceh Barat, yang sebagian besar merambah sektor komoditas dan pertanian.

Tahun 2021 ini, Billy kembali ke Meulaboh untuk memantau secara langsung perkembangan Program Baper tersebut dan bersama-sama dengan Rektor UTU meluncurkan pusat inkubasi ini.

Dengan dukungan dari Kemendikbud dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) ia berharap dapat membangun bangunan fisik dari Pusat Inkubasi Bisnis UTU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda