Sofyan Djalil: Warga Bisa Selesaikan Kasus Mafia Tanah

-

- Advertisment -

Sofyan Djalil: Warga Bisa Selesaikan Kasus Mafia Tanah

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil menjelaskan, beberapa kasus sengketa dan mafia tanah diselesaikan di berbagai daerah oleh warga. Salah satunya kasus mafia tanah di Padang, Sumatera Barat.

Dalam kasus tersebut, seorang oknum punya tanah 3,1 hektare namun mengklaim 740 hektare di kelurahan yang menimbulkan sengketa. Pada akhirnya, sengketa diselesaikan dan berpihak kepada rakyat yang berhak.

Satgas Anti Mafia Tanah berhasil meringkus dan menjatuhi hukuman penjara mafia tanah di Kota Medan, Sumatra Utara.

“Sebenarnya banyak sekali kasus mafia tanah yang terselesaikan dengan baik, namun karena letaknya di daerah sehingga kurang mendapat perhatian,” ujar dia dalam keterangannya, Minggu (28/2/2021).

Sofyan menuturkan, pihaknya terus berkomitmen memerangi mafia tanah dengan memberikan kepastian hukum. Selain itu, pihaknya juga melakukan langkah preventif dengan mendata seluruh tanah di Indonesia.

“Kami dan pemerintah akan terus berkomitmen untuk memberikan kepastian hukum yang kuat bagi masyarakat,” ungkap Sofyan.

Sofyan menyebutkan nantinya akan ada peningkatan mekanisme pelayanan di kantor BPN mulai dari layanan profesional anti calo dan anti orang dalam. Kemudian layanan pertanahan berbasis elektornik.

“Kalau Anda ke kantor BPN, sekarang relatif cukup tertib karena sudah tidak ada lagi pendaftaran via jalur belakang atau orang dalam,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda