Harimau Suro Dilepasliarkan ke Habitat Alami di Leuser

-

- Advertisment -

Harimau Suro Dilepasliarkan ke Habitat Alami di Leuser

KLIKKABAR.COM – Seekor Harimau Suamtera (Panthera Tigris Sumatrae) berhasil kembali ke habitatnya setelah dilepasliarkan (release) di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), Sabtu, 13 Maret 2021.

Kepala Kepolisian Resort Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam, SIK, MH kepada Klikkabar.com mengatakan, satwa yang dilindungi keberadaannya oleh undang-undang itu sebelumnya dievakuasi pada akhir 2020 lalu.

Harimau Sumatera itu dievakuasi dari kawasan yang sesuai dengan pemberian namanya, Suro, di Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

“Satwa dilindungi tersebut dilepasliarkan setelah menjalani perawatan. Menurut informasi dari BKSDA, kondisi kesehatannya baik dan sangat stabil sehingga bisa di release hari ini,” kata AKBP Carlie, Sabtu (13/3).

Disebutkan perwira menengah Polri tersebut, Suro sebelumnya dititipkan oleh BKSDA Aceh kepada BBKSDA Sumut dan kemudian dititipkan sementara di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS).

“Hasil pemerikasaan tim medis BKSDA dan FKL, kondisinya dalam kondisi sangat baik, nafsu makan bagus selama di BNWS sehingga berat badannya juga ikut meningkat,” jelas AKBP Carlie.

Mantan Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kepri itu juga menyebutkan, Suro dilepasliarkan dengan cara diterbangkan menggunakan helikopter ke kawasan Kappi, zona inti yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Sebagaimana dilansir dari Mongabay, Kappi merupakan hutan lebat di Provinsi Aceh yang luasnya mencapai 150.000 hektare yang termasuk ke dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL).

Dewan Penasehat Forum Konservasi Leuser (FKL), Rudi Putra beberapa waktu lalu mengatakan, Kappi adalah hutan datar yang terletak di dataran tinggi Aceh yang memiliki sejumlah potensi panas bumi serta sumber air untuk masyarakat Aceh Tamiang, Aceh Timur dan sebagian Gayo Lues.

Sebagian besar sungai di Aceh Timur, maupun Aceh Tamiang, berhulu ke hutan Kappi, atau biasa disebut Daerah Aliran Sungai Tamiang. Kappi pun menjadi habitat berbagai satwa liar terancam punah.

“Di Kappi juga terdapat banyak sumber mineral yang sangat dibutuhkan satwa liar, juga banyak tumbuhan dan sumber makanan lain untuk satwa liar, termasuk empat satwa kebanggaan Indonesia yang ada di sana yakni gajah, badak, harimau, dan orangutan sumatera,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda