FOTO: Banjir di Tangse Pidie, Aceh

-

- Advertisment -

FOTO: Banjir di Tangse Pidie, Aceh

KLIKKABAR.COM – Bencana banjir dan tanah longsor melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Minggu, 28 Maret 2021.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Operasi Pengendalian Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie, banjir terjadi pada pukul 17.00 WIB.

Banjir yang terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi, dilaporkan melanda tiga desa di Kecamatan Tangse, yakni Desa Peunalom I, Desa Peunalom 2 dan Desa Layan.

Banjir yang melanda Tangse, Pidie, Aceh, Minggu (28/3). [Dok. BPBA]

Banjir disebutkan terjadi setelah Sungai Peucok tidak mampu menampung luapan air akibat hujan deras yang melanda sejak Minggu (28/3) siang.

Akibatnya, sejumlah ruas jalanan penghubung rusak, ada tujuh titik jalan yang putus. Namun, belum diperoleh informasi adanya korban jiwa baik luka-luka maupun meninggal dunia dalam musibah tersebut.

Sementara itu, korban terdampak masih dalam pendataan pihak terkait. Begitu juga dengan jumlah pengungsi dan BPBD masih terus melakukan pemantauan dan pelaporan.

Banjir yang melanda Tangse, Pidie, Aceh, Minggu (28/3). [Dok. BPBA]

Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha mengatakan, curah hujan di awal tahun 2021 ini tergolong ekstrem.

“Hujan di awal tahun ini tergolong ekstrem, dan melanda beberapa wilayah Kabupaten Pidie, bahkan ada yang menyebabkan banjir dan tanah longsor,” katanya.

“Saat ini Babinsa telah menghimbau kepada masyarakat melalui pengeras suara di Mesjid dan Meunasah, agar masyarakat yang tinggal di daerah rendah dan potensi banjir agar lebih waspada dan bila ada informasi yang disampaikan tentang potensi banjir atau lonsor segera mengevakuasi diri ketempat yang lebih aman, guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” ungkap Dandim.

Anggota TNI saat memantau situasi banjir di Tangse, Pidie, Aceh, Minggu (28/3). [Dok. Penrem 011/Lilawangsa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda