‘World Elephant Day’, Seekor Gajah Jinak Mati di Aceh

-

- Advertisment -

‘World Elephant Day’, Seekor Gajah Jinak Mati di Aceh

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Seekor Gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumatranus jinak yang ada di Conservation Response Unit (CRU) Sampioniet, Aceh Jaya, dilaporkan mati, Kamis, 13 Agustus 2020.

Menurut informasi yang diperoleh Klikkabar.com, gajah jinak milik Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh berjenis kelamin jantan yang diberi nama Olo itu mati.

Belum diketahui penyebab pasti kematian gajah yang diperkirakan berusia 24 tahun tersebut. Namun, informasi yang diperoleh dari BKSDA Aceh, tim gabungan bersama tim medis saat ini sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi.

“Informasi kematian gajah Olo betul bang. Saat ini tim mau berangkat menuju ke TKP,” kata salah satu pejabat BKSDA Aceh, Kamis (13/8) siang.

Kejadian ini cukup mengejutkan, karena Hari Gajah Sedunia baru saja diperingati pada 12 Agustus 2020 kemarin. Sebelumnya, kondisi gajah Olo disebut-sebut baik-baik saja dan kondisinya juga terlihat sehat.

Foto Olo, gajah jinak yang ada di CRU Sampoiniet. Foto direkam sehari sebelum kematiannya. [Dok. Chaideer Mahyuddin]

Hari Gajah Sedunia (World Elephant Day) sebelumnya memang telah ditetapkan oleh PBB sejak tanggal 12 Agustus 2012 untuk dirayakan setiap tahunnya.

Tujuan ditetapkannya Hari Gajah Sedunia adalah untuk memberi tahu kepada dunia bahwa kelangsungan hidup gajah, terutama di daerah Asia dan Afrika, saat ini sudah terancam punah.

Sekedar diketahui, CRU Sampoiniet terletak di Desa Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh dan berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Banda Aceh.

CRU Sampoiniet adalah salah satu dari tujuh CRU di Aceh yang ditugaskan untuk meminimalisir konflik gajah dan manusia yang marak terjadi di Aceh, dengan cara mengahalu dan melakukan penggiringan terhadap gajah liar agar keluar dari pemukiman penduduk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda