UTU Luncurkan ‘Hall of Fame’ Teuku Umar

-

- Advertisment -

UTU Luncurkan ‘Hall of Fame’ Teuku Umar

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Untuk mengenang syahidnya Pahlawan Nasional Teuku Umar ke-122  (11 Februari 1899 – 11 Februari 2021), Universitas Teuku Umar (UTU) meluncurkan Hall of Fame Teuku Umar pada 11 Februari 2021.

Hall of Fame ini merupakan penghargaan dan kebanggaan ampus yang menobatkan nama suami Cut Nyak Dhien yang juga pahlawan nasional ini sebagai upaya melestarikan sejarah dan mengenalkan Teuku Umar kepada publik.

Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf menyatakan diantara gagasan yang telah dilaksanakan antara lain Mata Kuliah Umum Wajib bagi semua mahasiswa UTU, yaitu Kepemimpinan Teuku Umar.

Mata kuliah ini untuk mendidik mahasiswa memiliki semangat juang tinggi baik dari sisi ekonomi dan untuk menjadikan manusia-manusia yang antipenjajah ekonomi nantinya.

“Teuku Umar memiliki banyak strategi dan taktik tentang menggerakkan dan memotivasi orang lain, merencanakan orang lain dan mengalahkan orang lain, serta berteman dengan orang lain. Sehingga nilai yang dimiliki itu paling relevan untuk digunakan dalam kehidupan, yang punya nilai juang tinggi dalam membela negara dan bangsanya.,” kata Jasman, Sabtu (19/12/2020).

Jasman menuturkan, selain  itu UTU telah memperlombakan permainan Catur Teuku Umar  yaitu permainan tradisional di Aceh yang dapat dimainkan dengan bahan-bahan sederhana. Seperti kertas yang telah digambar serta batu sebagai gerilyawan dan musuh penjajah.

Pada garis-garis tersebut terdapat titik-titik yang harus diisi oleh bidak yang berperan sebagai prajurit gerilyawan dan musuh penjajah yang memiliki bidak yang lebih besar.

 “Permainan Catur Teuku Umar (Cato Rimueng) adalah salah satu cara UTU  mempromosikan nilai-nilai perjuangan dan sejarah Teuku Umar Johan Pahlawan,” tuturnya.

Sementara pada haul Teuku Umar ke-122,  Jasman meluncurkan Hall of Fame Teuku Umar berada di satu sudut gedung kuliah terintegrasi yang baru selesai dibangun pada 2020. Di sana nantinya akan dipajang segala sesuatu yang berhubungan dengan Teuku Umar, baik peninggalan dalam bentuk fisik maupun dalam bentuk narasi dan foto.

Hall of Fame ini akan dibuka untuk umum, sebagai wahana bagi masyarakat sebagai media untuk mengenal sejarah dan kepribadian Teuku Umar lebih dekat. Musium ini akan dilengkapi dengan berbagai barang peninggalan Teuku Umar.

“Melalui peluncuran ini, kami mengharapkan masyarakat yang memiliki atau menyimpan benda, atau apapun peninggalan Teuku Umar dapat menghibahkan atau meminjamkan barang-barang tersebut kepada kampus UTU, kita akan menjaga dan merawatnya dengan baik, bagi siapa yang berminat dapat menghubungi Teuku Fahrian Nagor (081377355533),” ajak Jasman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda