Puskesmas di Banda Aceh Tak Miliki Rapid Test

-

- Advertisment -

Puskesmas di Banda Aceh Tak Miliki Rapid Test

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Ombudsman RI Perwakilan Aceh melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin, 29 Juni 2020.

Sebelumnya, Ombudsman mendapatkan informasi terkait kekosongan alat tes cepat (rapid test) virus corona atau Covid-19 dari salah satu warga Kota Banda Aceh yang hendak melakukan rapid test.

“Beberapa Puskesmas di Banda Aceh tidak punya alatnya saat ada orang yang mau rapid test secara proaktif,” kata Kepala Ombudsman Aceh, Dr. Taqwaddin Husin dalam keterangannya kepada Klikkabar.com, Senin (29/6) malam.

Disebutkannya, hasil pantauan tim Ombudsman, dari dua Puskesmas yang dituju, tidak satu pun yang menyediakan alat rapid test yang siap digunakan oleh masyarakat.

“Anggaran untuk penanganan Covid-19 begitu banyak, di pangkas disemua dari dinas terkait. Tapi masyarakat belum melihat apa yang sudah dibelanjakan dari anggaran tersebut,” imbuhnya.

Plt Kepala Puskesmas Kuta Alam Dr. Faisal menuturkan bahwa mereka tidak mempunyai alat rapid test di Puskesmas yang siap digunakan jika ada masyarakat yang datang. Namun, mereka akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan jika ada yang membutuhkan.

“Kalau ada kebutuhan baru kita lapor ke Dinas” kata Faisal.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Ulee Kareng, Malahayati, SKM, MPH, saat tim Ombudsman melakukan sidak ke lokasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh, Dr Medya saat dimintai tanggapannya oleh Kepala Ombudsman Aceh, menjelaskan bahwa mereka tidak melakukan pengadaan terhadap alat rapid test.

Hal ini karena, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menerima alat tersebut dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh. Dan, lagi pula sensitifitas rapid test rendah sekali, hanya 30% akurasinya.

“Makanya, kami cukupkan saja alat yang berasal dari provinsi dan untuk tes swab kami melakukan kerjasama dengan Unsyiah,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda