Mendagri: Kasus Covid-19 di Jakarta-Aceh Naik, di Daerah Pilkada Turun

-

- Advertisment -

Mendagri: Kasus Covid-19 di Jakarta-Aceh Naik, di Daerah Pilkada Turun

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan kasus Covid-19  di daerah Pilkada 2020 menurun. Sebaliknya, kasus Covid-19 di daerah yang tak menyelenggarakan pilkada justru naik.

Tito mengatakan data yang dirinya sampaikan itu berdasarkan laporan mingguan dari Tim Satgas Covid-19.

“Alhamdulillah dengan disiplin kita mematuhi peraturan KPU dan penegakan hukum yang tegas, itu angka-angka covid di daerah yang melakukan pilkada sebagian besar menurun, bukan menaik,” kata Tito dalam webinar soal Pilkada 2020 di YouTube KPK, Selasa (20/10/2020).

“Sementara di daerah-daerah yang tidak melakukan pilkada, anehnya naik,” ungkap mantan Kapolda Papua ini.

Tito mencontohkan DKI Jakarta dan Aceh sebagai dua provinsi yang tak ada Pilkada 2020, namun kasus Covid-19 terus naik.

Tito juga meminta KPU, Bawaslu, termasuk paslon  dapat membuktikan pilkada tidak menjadi media penularan Covid-19.

“Jadi kita bisa semua bertanggung jawab, KPU, Bawaslu, Kemendagri, pemerintah, paslon, untuk membuktikan bahwa kekhawatiran masyarakat bahwa pilkada akan media penular, ternyata tidak,” katanya.

Terdapat 270 daerah (provinsi, kabupaten/kota) menggelar Pilkada 2020 yang dilaksanakan serentak di 32 provinsi. Provinsi-provinsi itu meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

Kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda