Cegah Corona, Umat Muslim Tajikistan Diimbau Tak Puasa Ramadhan

-

- Advertisment -

Cegah Corona, Umat Muslim Tajikistan Diimbau Tak Puasa Ramadhan

KLIKKABAR.COM – Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon menyerukan umat Muslim untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan untuk melindungi diri dari virus Corona atau Covid-19.

Dalam pidatonya untuk menyambut Ramadhan, Rakhmon mengatakan puasa bisa membuat orang rentan terhadap infeksi dari penyakit menular. Seruan itu secara khusus dia tujukan kepada petani dan pekerja manual.

“Meskipun penyakit ini tidak terdaftar di negara kita, ini tidak berarti bahwa kita harus ceroboh dan duduk diam,” bunyi catatan pidato Rakhmon seperti dikutip dari AFP, Jum’at (24/4/2020).

Dengan mengutip pendapat ulama, Rakhmon menggambarkan puasa berbahaya bagi petani, peternak, dan mereka yang bekerja keras.

“Saya mendesak semua orang yang bekerja di ladang untuk menjadwal ulang puasa ke waktu lain yang lebih menguntungkan,” kata Rakhmon.

Tajikistan merupakan negara miskin yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Negara ini adalah salah satu dari sedikit negara yang belum melaporkan satu pun kasus infeksi Covid-19.

Negara lain, sesama pecahan Soviet, yang tidak memiliki kasus Covid-19 adalah Turkmenistan.

Otoritas Turkmenistan mengatakan pada pertemuan para pejabat dan lembaga donor pada hari Rabu bahwa negara kaya gas yang tertutup itu sudah menyiapkan banyak ventilator dan alat tes dari luar negeri dalam persiapan untuk kemungkinan adanya kasus infeksi.

“Saya sangat berterus terang! Jika ada satu kasus infeksi corona virus yang terdaftar di Turkmenistan, kami akan segera memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia dan komunitas internasional,” kata Menteri Luar Negeri Rashid Meredov seperti dilansir dari Sindonews.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda