Indahnya Sepakbola, Salah Disebut Bantu Kurangi Islamophobia

-

- Advertisment -

Indahnya Sepakbola, Salah Disebut Bantu Kurangi Islamophobia

Mohamed Salah. (PAUL ELLIS/AFP)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Mohamed Salah tiba di Liverpool setelah didatangkan dari AS Roma pada 2017 dengan biaya transfer 34,3 juta poundsterling. Sejak itu, 18,9 persen angka kejahatan rasial di area Merseyside mengalami penurunan.
Selain itu, jumlah tweet anti-Muslim oleh fans The Reds di sosial media telah berkurang separuhnya. Kesimpulan itu merupakan hasil dari sebuah studi, dimana studi tersebut juga menyebutkan bahwa pemain muslim asal Mesir itu telah membantu mengurangi Islamophobia.
Sepakbola adalah salah satu instrumen kuat dalam perubahan sosial, Salah membuktikan itu. Mengutip Sky Sports, studi ini dilahirkan oleh Stanford University di Amerika Serikat yang berjudul: “Can Exposure to Celebrities Reduce Prejudice? The Effect of Mohamed Salah on Islamophobic Behaviors and Attitudes”.
Tidak main-main, studi itu dilakukan oleh empat profesor sekaligus yang didasarkan pada observasi 936 kejahatan rasial di wilayah tersebut, 15 juta tweets dari fans sepak bola Inggris dan survei otentik eksperimen pada 8.060 fans Liverpool.
“Secara keseluruhan, kami menginterpretasikan hasil ini untuk mendukung hipotesis bahwa kehadiran Salah di Liverpool FC telah membantu mengurangi tindakan fanatisme ekstrem,” ujar pernyatan tersebut.
“Kami memahami bahwa daerah Merseyside [kandang Liverpool] mengalami 18,9 persen penurunan kejahatan rasial didasarkan pada kontrol sintetis, sementara tidak ada efek yang sama ditemukan pada tipe kejahatan yang lain,” tambahnya.

Baca Juga: Pogba, Muslim yang Kalahkah Bale dan Ronaldo Sebagai Pemain Termahal

“Survei eksperimen ini menunjukkan bahwa hasil ini mungkin dipengaruhi oleh peningkatan keakraban dengan Islam. Hasil temuan kami mengindikasikan bahwa eksposur positif pada perwakilan grup tertentu bisa membeberkan informasi baru yang dipahami manusia secara besar-besaran,” bunyi pernyataan tersebut.
Mohamed Salah merupakan salah satu dari empat muslim yang ada saat ini dalam skuat Liverpool, bersama Naby Keita, Xherdan Shaqiri dan Sadio Mane. Dia sering merayakan golnya dengan selebrasi khas sujud pada Yang Maha Kuasa.
Salah bergabung dengan Liverpool dari AS Roma lewat transfer 34,3 juta pounds pada 2017 lalu. Dia diikat dengan kontrak lima tahun, yang mungkin bakal segera diperpanjang mengingat performanya yang luar biasa.
Sejak saat itu, Salah telah memainkan 104 pertandingan di semua kompetisi dan membungkus 27 gol. Trofi pertama yang dia persembahkan untuk The Reds adalah trofi Liga Champions 2018/19 pekan lalu dimana dia mencetak satu gol di partai final.
Performa gemilang Salah dikaitkan dengan beberapa klub besar, seperti Real Madrid dan Barcelona. Namun, tampaknya dia tetap akan jadi andalan Liverpool dalam beberapa tahun ke depan, dengan Jurgen Klopp sebagai alasan utama.

Lihat Juga: Demi Paul Pogba, Madrid Tawar 3 Pemain ke MU
Kesialan Ibrahimovich dan Coutinho Bersama Barcelona
Ronaldinho, Maestro yang Dipuja dan Disegani di Era Sepakbola Modern

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda