Tokoh Aceh Adnan Ganto Meninggal Dunia

-

- Advertisment -

Tokoh Aceh Adnan Ganto Meninggal Dunia

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Kabar duka datang dari ujung barat Sumatera. Salah satu tokoh Aceh, Dr. HC. H. Adnan Ganto, M.B.A meninggal dunia di Jakarta pada Selasa, 23 Maret 2021.

Informasi tentang meninggalnya pria kelahiran Kuta Makmur, Aceh Utara, 4 februari 1947 itu dengan cepat menyebar di WhatsApp grup. Beliau meninggal dunia di RSCM Jakarta, akibat sakit pada usia 74 tahun.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah orang tua/sahabat kita, Ketua Dewan Penasehat PPTIM, Dr. HC. Andan Ganto bin Hasan Basri Ganto, pada hari ini, Selasa, 23 Maret 2021 jam 11.40 WIB di RSCM Jakarta. Mudah2an Almarhum husnul khatimah dan Mudah2an Allah ampunkan semua dosa2nya dan Mudah2an Allah terima semua amal ibadahnya, Dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Aamiin,” bunyi pesan duka yang diterima.

Di masa tuanya, dia dikenal aktif di berbagai organisasi. Salah satunya dia dipercayakan sebagai Ketua Dewan Penasehat Keluarga Besar Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PPTIM).

Adnan Ganto adalah seorang putera dan tokoh Aceh yang terlahir dari sebuah desa terpencil hingga sukses menjadi bankir di sejumlah bank luar negeri.

Adnan Ganto sebagaimana dilansir dari Wikipedia, merupakan orang Asia pertama yang berhasil menjabat posisi strategis di Bank Inggris yaitu Morgan Bank Ltd.

Di Bank Inggris tersebut ia bekerja selama 23 tahun. Lalu pada tahun 1987, dia diangkat menjadi Director Investement Banking di Singapura. Terakhir, Adnan menjabat sebagai Executive Director di New York, Amerika Serikat.

Tercatat, Adnan Ganto telah berkarier selama 37 tahun di Bank Asing. Ia pernah ditugaskan di Amsterdam, Hong Kong, Singapore, London, Zurich hingga New York.

Selain berprestasi di tingkat dunia, Adnan Ganto juga berkontribusi nyata untuk Indonesia. Semenjak tahun 1991, Adnan Ganto dipercayakan sebagai penasehat Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Sudah 7 Menteri Pertahanan yang menjabat, namun posisinya sebagai penasehat tetap dipertahankan. Selain itu, beliau juga juga merupakan sahabat dari Jenderal TNI (Purn) LB Moerdani.

Meskipun telah sukses di dunia internasional, Adnan Ganto tetap tak lupa dengan tanah kelahirannya yaitu Aceh.

Dialah sosok yang paling berperan saat mengubah status Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh menjadi Bank Aceh Syariah. Proses konversi dari konvensional ke Syariah ini merupakan prestasi Adnan yang layak diapresiasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda