Puncak Hujan Berakhir Maret

-

- Advertisment -

Puncak Hujan Berakhir Maret

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – BMKG  memprediksi puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia akan berakhir pada Maret. Analisis itu berdasarkan dari Monsun Asia yang mulai memasuki periode pelemahan pada akhir Maret 2021.

“Sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret 2021,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Kamis (11/3/2021).

Fenomena Monsun Asia masih aktif yang menyebabkan aliran massa udara dari wilayah Belahan Bumi Utara (BBU) berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian barat.

Sedangkan, hasil analisis dinamika atmosfer-laut BMKG menunjukkan fenomena La Nina masih akan berlangsung hingga Mei 2021 mendatang dengan intensitas lemah hingga normal.

Ini artinya, akan terjadi periode peralihan musim. Salah satu ciri umumnya adalah pada pagi-siang umumnya langit cerah-berawan dengan kondisi panas cukup terik yang diikuti dengan pembentukan awan yang signifkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda