MK: Pilkada Gubernur Kalsel Diulang di 24 TPS

-

- Advertisment -

MK: Pilkada Gubernur Kalsel Diulang di 24 TPS

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU Kalimantan Selatan untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 6 kecamatan dan 24 TPS.

Enam kecamatan yang diperintahkan untuk dilakukan PSU antara lain satu kecamatan di Kota Banjarmasin yakni Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Sementara 5 kecamatan lainnya yakni Kecamatan Mataraman, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Martapura, dan Kecamatan Astambul. Kelima kecamatan itu terletak di Kabupaten Banjar.

Majelis hakim MK meminta KPU Kalsel untuk menggelar pemilu ulang di 24 tempat pemungutan suara di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

“Mengabulkan gugatan pemohon untuk sebagian dan memerintahkan KPU Kalsel untuk melakukan pemungutan suara ulang di 6 kecamatan dan 24 TPS di Kecamatan Binuang,” kata Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman, Jumat (19/3/2021).

Mejelis hakim MK menilai bahwa di sejumlah TPS dan 5 kecamatan tersebut telah terjadi pelanggaran pemilu dan penggelembungan suara yang menguntungkan paslon petahana.

Dengan adanya pemilihan suara ulang, maka keputusan KPU Kalsel yang memenangkan petahana Sahbirin Noor batal. Putusan itu berlaku untuk daerah yang diharuskan menggelar pemungutan suara ulang.

KPU Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1, Sahbirin Noor dan Muhidin unggul sebanyak 8.127 suara dari pasangan nomor urut 2, Denny Indrayana dan Difriadi Derajat. Sekarang Kalsel dipimpin oleh Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda