Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer

-

- Advertisment -

Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Kilometer

KLIKKABAR.COM – Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran ke arah barat daya dengan jarak luncur hingga dua kilometer pada Jumat, 23 April 2021.

Gunung api yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini meluncurkan awan panas guguran pada pukul 11.20 WIB dengan tinggi kolom 300 meter di atas puncak pada saat angin bertiup ke timur.

BPPTKG sampai saat ini masih mempertahankan status aktivitas Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Apabila gunung api itu meletus, lontaran material vulkaniknya dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

“Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran selama 145 detik dan awan panas guguran itu tercatat di seismogram beramplitudo 55 mm,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, Jumat (23/4).

Aktivitas tersebut menimbulkan hujan abu di wilayah Kecamatan Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, pada pukul 11.30 WIB.

Selama periode pengamatan Jumat pukul 00.00 sampai dengan 06.00 WIB, Gunung Merapi terpantau 8 kali memuntahkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 800 meter ke arah barat daya.

Selain itu juga mengalami 50 kali gempa guguran dengan amplitudo 3 sampai 23 mm selama 12 sampai 97 detik dan satu kali gempa fase banyak dengan amplitudo empat mm selama 7 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda