Prediksi Posisi 6 Calon Menteri Baru Jokowi

-

- Advertisment -

Prediksi Posisi 6 Calon Menteri Baru Jokowi

KLIKKABAR.COM, JAKARTA –  Sejumlah wajah baru diprediksi melenggang ke jajaran Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Klikkabar pada Minggu (20/12/2020) mendapatkan informasi terkait nama-nama yang dikabarkan akan mengisi wajah baru di Kabinet Indonesia Maju.

Nama-nama yang muncul setidaknya sesuai dengan isu yang santer beredar belakangan ini. Sedangkan reshuffle sendiri diyakini bakal segera dilakukan dalam waktu dekat.

Berikut ini profil singkat para calon menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju beserta prediksi posisi yang akan ditempati:

1 Tri Rismaharini (Menteri Sosial)

Dr. Ir. Tri Rismaharini, MT atau yang akrab disapa Risma adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 17 Februari 2016. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada 28 September 2010 hingga 28 September 2015.

Wanita kelahiran 20 November 1961 itu diyakini akan menjadi suksesor Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial. Keduanya sama-sama berasal dari PDI Perjuangan.

Juliari ditangkap KPK karena diduga menerima suap dalam pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

2. Wahyu Sakti Trenggono (Menteri KKP)

Sosok yang akrab disapa Mas Treng merupakan pebisnis ulung di Tanah Air. Lulusan ITB ini juga mendirikan PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama pada tahun 2007.

Pria yang memiliki bisnis dalam bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media serta e-commerce itu saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

Pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 kemarin, Mas Treng dipercayakan sebagai Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

Mas Treng sepertinya bakal menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, yang ditinggalkan oleh Edhy Prabowo usai ditangkap KPK karena dugaan suap dalam pengurusan izin ekspor benih lobster.

3. Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan)

Wakil Menteri BUMN itu sepertinya selaras dengan jabatan Menteri Kesehatan karena saat ini dia bertugas sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

4. Yahya Cholil Staquf (Menteri Agama)

KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya Staquf adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2015-2019.

KH Yahya Cholil Staquf juga merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan menjabat Katib Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Dengan latar belakang yang dimiliki, beliau sepertinya akan menggantikan Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

5. Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan)

Muhammad Lutfi adalah duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan antara 14 Februari dan 20 Oktober 2014, dan sepertinya akan kembali menempati posisi tersebut, menggantikan Agus Suparmanto.

Sebelumnya, Muhammad Lutfi juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) lalu kemudian ditugaskan menjadi duta besar Indonesia untuk Jepang.

6. Sandiaga Uno (Menparekraf)

Nama terakhir yang disebut bakal mengisi Kabinet Indonesia Maju adalah Sandiaga Uno, yang notabene nya adalah rival Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019.

Pasangan Sandiaga di Pilpres 2019, Prabowo Subianto telah lebih dulu masuk ke dalam kabinet setelah diangkat Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertahanan.

Pemilik PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (STRG) itu sepertinya akan mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang saat ini dijabat oleh Wishnutama Kusubandio.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda