Nasir Djamil Minta Kapolda Aceh Usut Tuntas Kematian Gajah Sumatera

-

- Advertisment -

Nasir Djamil Minta Kapolda Aceh Usut Tuntas Kematian Gajah Sumatera

KLIKKABAR.COM – Anggota Komisi III DPR RI H.M. Nasir Djamil, M.Si, meminta Kapolda Aceh Irjen Polisi Wahyu Widada untukmengusut hingga tuntas kasus kematian tujuh individu gajah Sumatera yang ditemukan mati di Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Timur.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari Daerah Pemilihan Aceh 1 itu juga meminta polisi mengusut kematian gajah Sumatera terbaru yang ditemukan bangkainya di area PT Makmur Inti Bersaudara di Desa Seumanah Jaya, Kec. Ranto Peureulak, Kab. Aceh Timur, Kamis (16/4) lalu.

Penyelidikan dan penyidikan diharapkan perlu dipercepat mengingat kematian gajah Sumatera diduga akibat keracunan sebagaimana hasil nekropsi Balai KSDA Aceh.

“Kapolda Aceh harus segera mengambil langkah-langkah strategis dengan membentuk Tim Khusus (Timsus) guna melakukan penyelidikan kematian gajah Sumatera di Aceh Timur, apalagi kasus kematian satwa dilindungi sudah berulangkali terjadi di Aceh,” kata Nasir Djamil sebagaimana dilansir dari laman Waspada.id, Jum’at (24/4).

Nasir Djamil menyebut bahwa pengungkapan kasus satwa dilindungi jarang terdengar, kecuali kematian gajah jinak di Conservation Respont Unit (CRU) Serbajadi (Aceh Timur) dimana polisi mampu menangkap dua pelaku dan menyita barang bukti gading gajah.

Sementara penyelidikan terhadap kematian beberapa individu gajah liar yang ditemukan mati dengan dugaan keracunan jarang terungkap.

“Kita juga mendorong teman-teman pemerhati dan pekerja lingkungan untuk membantu Polri dalam penegakan hukum hingga akhirnya mampu menguak tabir dibalik kematian gajah Sumatera di Aceh Timur dan beberapa daerah lain,” kata Nasir seraya menyebutkan, tujuh ekor gajah liar yang mati di Aceh Jaya dan Aceh Timur perlu diusut hingga tuntas.

Kematian gajah Sumatera dalam kawasan perkebunan sawit dinilai bukan pertama kali terjadi di Aceh, termasuk di Aceh Timur. Pihaknya kerap mendengar gajah sakit terluka akibat terperangkap jerat pemburu.

“Bahkan tahun lalu seekor anak gajah ditemukan dengan kaki terjerat. Meskipun sempat sembuh setelah dirawat di CRU Serbajadi, namun akhirnya mati juga. Kasus perburuan satwa dilindungi juga perlu diusut oleh penegak hukum,” imbuh Nasir Djamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda