Diproses OJK, Bank Banten Siap Merger ke Bank BJB

-

- Advertisment -

Diproses OJK, Bank Banten Siap Merger ke Bank BJB

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) segera bergabung ke PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB.

Rencana merger telah dituangkan dalam Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Gubernur Banten Wahidin Halim selaku Pemegang Saham Pengendali Terakhir Bank Banten. Penandatanganan juga dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku Pemegang Saham Pengendali Terakhir Bank BJB pada Kamis (23/4/2020).

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi dalam keternagan resminya mengatakan, langkah awal yang akan dilakukan Bank BJB adalah menyiapkan due diligence.

Bank BJB akan berkoordinasi dengan Bank Banten dalam mempersiapkan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Sinergi bisnis tentunya akan dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Penggabungan ini dipastikan akan member penguatan perbankan nasional dan menjaga stabilitas sistem keuangan,” ujar Yuddy, Jum’at (24/4).

Dalam upaya memuluskan rencana merger tersebut, Yuddy juga memohon dukungan dari seluruh stakeholders antara lain pemegang saham, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) serta masyarakat.

“Kita merasa optimistis, rencana penggabungan tersebut dapat terwujud,” imbuhnya.

OJK mendukung dan menyambut baik rencana penggabungan usaha kedua Bank ini sebagai upaya penguatan perbankan nasional dan menjaga stabilitas sistem keuangan.

Sementara itu, dalam proses pelaksanaan penggabungan usaha, Bank bjb akan melakukan due diligence dan OJK meminta Bank bjb dan Bank Banten segera melaksanakan tahap-tahap penggabungan usaha sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berkaitan dengan hal tersebut, OJK menegaskan selama proses penggabungan usaha, maka Bank Banten dan Bank bjb tetap beroperasi secara normal melayani kebutuhan yang wajar dari nasabah dan layanan keuangan masyarakat.

Bank BJB adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas, kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah.

Sedangkan Bank Pembangunan Daerah Banten dan dikenal dengan Bank Banten, pernah bernama Bank Eksekutif pada tahun 1992-2010 dan Bank Pundi pada tahun 2010-2016. Bank ini diresmikan pada 4 Oktober 2016 dan berkantor pusat di Jakarta Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda