Upacara Hari Santri 2019 Dimulai dari Kota Nol Kilometer Indonesia

-

- Advertisment -

Upacara Hari Santri 2019 Dimulai dari Kota Nol Kilometer Indonesia

Istimewa[divider]
KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Provinsi Aceh diperingati dengan waktu dan tempat berbeda.
Upacara peringatan diawali dari Kota Nol Kilometer, Sabang yang dipusatkan di Komplek Madrasah Terpadu Kota Sabang pada Senin (21/10/1019).
Kemudian diikuti sejumlah daerah lainnya, Selasa (22/10/2019) bertepatan dengan hari puncak HSN yang telah ditetapkan oleh presiden Republik Indonesia.
“Upacara peringatan hari santri di Aceh dilaksanakan bervariasi, kami mendapat laporan dari Kankemenag kemarin upacara pertama diawali di kota Nol Kilometer Indonesia Sabang, dan selanjutnya hari ini rata rata kabupaten kota juga melaksanakan upacara,” ujar Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. M. Daud Pakeh, Selasa (22/10/2019).
Pelaksanaan upacara di Sabang lebih awal satu hari dari upacara peringatan hari santri nasional tingkat Nasional.
Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Drs H Zakaria MM bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti seluruh karyawan Kemenag Kota Sabang, guru, pimpinan pondok pesantren/dayah, santri dan siswa-siswi madrasah se-Kota Sabang.
Sedangkan untuk tingkat provinsi Aceh, Peringatan Hari Santri akan dilaksanakan di lapangan Blang Padang, Banda Aceh pada hari Kamis, 24 Oktober 2019.
Menariknya, pelaksanaan puncak peringatan hari santri di Aceh dilaksanakan secara kolaborasi antara Kanwil Kemenag Aceh dan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh.
“Apresiasi kami untuk pemerintah Aceh, wabil khusus Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang telah memprakasai puncak peringatan Hari Santri di Aceh, mungkin ini satu satunya di Indonesia, Dinas Pendidikan Dayah dan Kemenag menjadi panitia bersama,” ujar Daud Pakeh.
Kedua pimpinan lembaga tersebut, yaitu Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H M Daud Pakeh dan Kadis Pendidikan Dayah Aceh, H Usamah Elmadny MM, sepakat untuk bersinergi dalam memeriah hari santri di Aceh tahun 2019.
Menurut informasi, puncak HSN di Aceh nantinya akan di hadiri ribuan santri, Forkompinda Aceh, pejabat pemerintah Aceh, Banda Aceh, Kemenag Aceh, Kakankemenag se Aceh dan tamu undangan lainnya. [REL/MF]

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda