Nyeri Sendi Lutut? Ini Obatnya

-

- Advertisment -

Nyeri Sendi Lutut? Ini Obatnya

Ilustrasi sakit lutut.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Sendi merupakan penghubung antar tulang, sehingga nyeri sendi membatasi pergerakan tubuh Anda, seperti berjalan, naik turun tangga, mengangkat barang, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara meredakannya?
Di antara banyak sendi yang terdapat di tubuh, bisa dibilang nyeri sendi paling sering terjadi pada lutut karena merupakan sendi yang penopang berat badan tubuh. Nyeri lutut juga dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit dan cedera.
Cara menghindari nyeri sendi dilansir dari Klikdokter, Kamis (25/7/2019).
1. RICE
Metode RICE adalah salah satu tindakan darurat yang dapat dilakukan jika terjadi nyeri sendi. RICE terdiri dari Rest (istirahat), Ice (kompres), Compress (membalut sendi), dan Elevated (meninggikan bagian yang mengalami nyeri).
Metode ini tak hanya dapat dilakukan untuk nyeri sendi lutut, tapi pada sendi bagian tubuh lainnya. Selain itu, metode ini juga dapat dilakukan pada cedera ringan.
2. Berolahraga
Olahraga, terutama kardio, dapat memperkuat otot yang menopang sendi seperti lutut dan dapat meningkatkan fleksibilitas sendi. Selain kardio, olahraga lain seperti mengangkat beban dan peregangan juga baik untuk kesehatan sendi.
Saat sedang mengalami nyeri sendi, khususnya sendi lutut, hindari melakukan olahraga yang memberikan tekanan pada sendi lutut. Misalnya berlari, melompat, squatting, lunges, dan sebagainya.
3. Hindari risiko jatuh
Nyeri sendi dapat membatasi pergerakan Anda, sehingga meningkatkan risiko jatuh. Apabila sampai terjatuh di posisi yang salah, hal itu justru dapat menambah parah kondisi nyeri sendi Anda.
Ketika terjadi nyeri sendi di lutut, lebih baik gunakan alat bantu jalan, minta tolong orang lain untuk membopong Anda, atau berpegangan dengan lingkungan sekitar jika Anda ingin berjalan.
4. Menurunkan berat badan
Sebagian besar orang yang mengalami nyeri sendi pada lutut adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih, bahkan obesitas. Akibatnya, beban pada lutut menjadi lebih berat, sehingga mudah mengalami nyeri.
Studi membuktikan bahwa dengan mengurangi berat badan, maka dapat secara signifikan mengurangi gejala nyeri sendi pada lutut.
5. Hindari beristirahat terlalu banyak
Jika sedang mengalami serangan nyeri sendi, beristirahat sejenak untuk menghindari risiko jatuh. Namun, jangan terlalu banyak karena justru dapat membuat otot lemah dan sendi semakin kaku.
Akibatnya, hal itu justru dapat memperparah nyeri sendi. Anda bisa memilih untuk melakukan pergerakan atau olahraga yang aman untuk sendi.
6. Lakukan terapi tradisional
Akupuntur adalah salah satu terapi tradisional dari China. Cara yang digunakan adalah dengan jarum kecil dan dimasukkan ke titik-titik tertentu pada tubuh. Metode ini dapat mengurangi berbagai rasa nyeri sendi.
7. Gunakan sepatu yang tepat
Khusus untuk nyeri sendi pada lutut. Ternyata, penggunaan sepatu juga berpengaruh pada tekanan terhadap sendi lutut Anda. Pilih sol yang empuk karena dapat mengurangi tekanan.
8. Kompres dingin dan hangat
Pada awal cedera, sekitar 48-72 jam pertama, gunakan kompres dingin pada sendi untuk mengurangi bengkak dan meringankan rasa nyeri. Gunakan kompres dingin tersebut selama 15-20 menit dalam 3-4 kali sehari.

BERITA TERBARU

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda