Menkes: Aceh Provinsi Merah Penularan TBC

-

- Advertisment -

Menkes: Aceh Provinsi Merah Penularan TBC

Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) (tengah) saat berkunjung ke Unsyiah, Banda Aceh, Sabtu (27/4/2019). (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) mengatakan, Aceh termasuk salah satu provinsi merah yang memiliki penularan TBC tertinggi di Indonesia.
Menurutnya, harus ada tindakan untuk mencegah agar penyakit ini tidak menular secara masif. Termasuk salah satunya dengan beretika santun saat batuk.
Pernyataan itu disampaikan Nila saat memberi orasi ilmiah dalam sidang terbuka Dies Natalis ke-37 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala di Aula Multi Purpose FMIPA kampus setempat di Banda Aceh, Sabtu (27/4/2019).
“Harus ada kesantunan dan etika saat batuk, salah satunya menggunakan masker agar kuman tidak berpindah ke orang lain,” kata Nila.
Dalam orasinya, Nila menegaskan jika saat ini Indonesia masih dihadapkan dengan berbagai penyakit menular yang belum diselesaikan dengan maksimal.
Penyakit itu seperti HIV, kusta, dan TBC. Bahkan untuk penyakit TBC, Indonesia menempati posisi ketiga di dunia sebagai negara yang memiliki pengidap tertinggi. []

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda