KIP Gelar Pemungutan Suara Lanjutan di Rutan Idi

-

- Advertisment -

KIP Gelar Pemungutan Suara Lanjutan di Rutan Idi

Seorang narapidana memasukkan surat suara saat Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) Dewan Perwaklan Rakyat Kabupaten (DPRK) di TPS 07 dan 08 Rumah Tahanan (Rutan) Idi di Desa Gampong Jalan, Kab. Aceh Timur, Provinsi Aceh, Sabtu (27/4/2019). (Zamzami Ali/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur menggelar Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) Dewan Perwaklan Rakyat Kabupaten (DPRK) di TPS 07 dan 08 Rumah Tahanan (Rutan) Idi di Desa Gampong Jalan, Aceh Timur, Aceh, Sabtu (27/4/2019).
PSL dilakukan karena saat Pemilu 17 April 2019,TPS tersebut tidak didistribusikan surat suara DPRK dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Kabupaten Aceh Timur telah merekomendasikan untuk dilakukan PSL.
“Ada 88 narapidana yang menggunakan hak pilihnya hari ini karena berdasarkan DPTb tahap 3, jumlah pemilih DPRK untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 di Rutan Idi sebanyak 88 orang,” kata Ketua KIP Aceh Timur kepada Klikkabar.com di sela-sela proses PSL.

Baca Juga: Komisioner KIP Aceh Timur Punya Saudara Kandung Caleg

Zainal juga menjelaskan, pada  Rabu 17 April 2019 lalu, narapidana Rutan Idi tidak dapat memilih calon legislatif untuk DPRK karena berdasarkan Surat KPU Nomor 651 menyebutkan bahwa Rutan Idi Aceh Timur, pemilihnya berjumlah 317 non DPRK.
Di sisi lain, jika pihaknya tetap menggelar pemungutan suara saat itu, maka tidak ada dasar hukumnya karena Rutan Idi hanya dilakukan pemilu untuk 4 suara (kecuali DPRK).
“Jadi kemarin mereka hanya memberikan hak pilihnya untuk calon presiden dan wakil presiden, calon DPD RI, DPR RI, dan DPR Aceh. Tapi, Alhamdulillah hari ini seluruh rangkaian telah dijalankan dan berjalan dengan lancar,” pungkas Zainal Abidin.

Baca Juga: 6 Peraturan di Aceh yang Bikin Heboh
Polisi dan KKB Baku Tembak di Aceh Timur, 1 Tewas
KKB di Aceh Timur Diduga Bagian dari TAM

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda