Komisi 3 DPR RI Minta Kasus Hukum Keuchik Munirwan Dihentikan

-

- Advertisment -

Komisi 3 DPR RI Minta Kasus Hukum Keuchik Munirwan Dihentikan

Anggota Komisi III DPR RI, H. M. Nasir Djamil, M.Si. (Foto: Jawa Pos)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kasus yang menimpa Tgk. Munirwan, Keuchik atau Kepala Desa Meunasah Rayeuk, Kec. Nisam, Kab. Aceh Utara, menyita cukup banyak perhatian.
Tgk. Munirwan sebelumnya ditahan terkait kasus dugaan penyebaran benih padi IF8 yang belum berlabel sertifikat kepada masyarakat.
Kini, Tgk. Munirwan yang berhasil mengembangkan bibit padi IF8 hingga membuat hasil panen petani melimpah, telah ditahan di Mapolda Aceh sejak Selasa (23/7).

Baca Juga: AIM Dukung Penangkapan Keuchik Munirwan

Anggota Komisi III DPR RI, H. M. Nasir Djamil, M.Si angkat bicara terkait kasus yang menimpa Tgk. Munirwan. Ia sangat menyayangkan sikap Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.
“Tindakan tersebut terkesan tidak mendidik dan berpotensi menghambat para petani untuk melakukan inovasi di bidang pertanian dan perkebunan,” kata Nasir Djamil saat dihubungi Klikkabar.com, Kamis (25/7).
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mendesak Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan, SP, MM untuk segera menarik dan mencabut laporannya di Polda Aceh.

Baca Juga: Menteri Desa Bicara Kades Inovatif Ditangkap di Aceh

“Kita berharap seharusnya masalah ini tidak terjadi. Jangan sampai petani atau warga lain yang berprestasi malah mendapat perlakuan kejam seperti ini. Seharusnya inovasi mereka dihargai dan dilindungi bukan malah dihukum,” jelasnya.
Disebutkannya, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh seharusnya melakukan pembinaan kepada para petani yang belum menyertifikatkan inovasi mereka. Jika sejak awal ada perhatian dan pembinaan, tentu kasus ini dikatakannya tidak akan terjadi.
“Saya berharap dalam hal ini kepada Kapolda Aceh bisa menangguhkan penahanan terhadap Tgk. Munirwan. Kami akan melakukan upaya dan memfasilitasi agar kasus ini dihentikan serta mencari solusi yang memberikan manfaat dan keadilan hukum,” pungkas Nasir Djamil.

Lihat Juga: 6 Peraturan di Aceh yang Bikin Heboh
Gara-gara Pilpres, Empat Warga Aceh Lebaran di Penjara
Klaim Sawit Tak Rusak Hutan, Plt Gubernur Aceh Asbun?

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda