Diabetes Bikin Kebutaan?

-

- Advertisment -

Diabetes Bikin Kebutaan?

Ilustrasi.| Foto: Womenofvoice

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Penyanyi keroncong Mus Mulyadi meninggal dunia pada Kamis (11/4/2019) karena diabetes. Di akhir hidupnya, Mus Mulyadi mengalami kebutaan akibat komplikasi diabetes yang selama ini dideritanya.
Diabetes bahkan sering kali muncul tanpa disadari oleh penderita. Karena itu, penting untuk mengenali penyakit ini dan jenis-jenisnya.
1. Diabetes Tipe1
Diabetes mellitus tipe 1 adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sistem ketahanan menyerang dan merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin, sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon tersebut.
2. Diabetes Tipe 2
Diabetes mellitus tipe 2 merupakan tipe penyakit gula yang paling banyak terjadi, karena kejadiannya mencapai 90-95 persen dari semua kasus.
Komplikasi diabetes
Beberapa komplikasi jangka panjang pada penyakit diabetes mellitus yaitu:
1. Gangguan pada mata (retinopati diabetik)
Diabetes dapat merusak pembuluh darah di retina. Kondisi ini disebut retinopati diabetik, yang berpotensi menyebabkan kebutaan. Pembuluh darah di mata yang rusak karena diabetes juga meningkatkan risiko gangguan penglihatan, seperti katarak dan glaukoma.
Deteksi dini dan pengobatan retinopati secepatnya dapat mencegah atau menunda kebutaan. Penderita diabetes dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur.
2. Kerusakan ginjal (nefropati diabetik)
Kondisi ini bisa menyebabkan gagal ginjal, bahkan bisa berujung kematian jika tidak ditangani dengan baik. Saat terjadi gagal ginjal, penderita harus melakukan cuci darahrutin ataupun transplantasi ginjal.
3. Penyakit jantung (kardiovaskular)
Komplikasi diabetes menyerang jantung dan pembuluh darah meliputi penyakit jantung, stroke, serangan jantung, dan penyempitan arteri (aterosklerosis).
Diabetes sebagai silent killer dan “ibu” dari berbagai macam penyakit. Penyakit ini kerap kali tidak menimbulkan gejala khas pada tahap awal. Pada tahap lanjut, penderita diabetes mengalami berbagai kerusakan organ lain pada tubuh, jika tidak dikelola dengan baik.

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda