Besok Sore, Irwandi Divonis

-

- Advertisment -

Besok Sore, Irwandi Divonis

Nova Iriansyah bersalaman dengan Irwandi Yusuf di ruang persidangan, Senin (10/12/2018). (Istimewa)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Senin (8/4/2019) siang, majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) akan mengetuk palu vonis kepada tiga terdakwa kasus tindak pidana korupsi yakni Irwandi Yusuf (gubernur nonaktif Aceh), Hendri Yuzal (mantan ajudan Gubernur Aceh), dan T Saiful Bahri (pengusaha)
“Ya kita sudah siap mendengar pembacaan, apapun putusannya,” jelas Sayuti, SH MH, alah satu Kuasa hukum Irwandi Yusuf, Ahad (7/4/2019).
Sayuti menyebutkan sidang dijadwalkan dimulai pukul 10.00 wib dan bisa saja telat seperti biasanya dimulai setelah Shalat Dhuhur.
“Kita tunggu saja besok. Kami meminta Bapak Irwandi Yusuf dibebaskan karena fakta di persidangan, beliau tidak terbukti bersalah seperti tuntutan jaksa KPK,” ungkapnya .
Sebelumnya pada 25 Maret 2019, jaksa KPK Ali Fikri menuntut 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan terhadap Irwandi. Jaksa yakin pria yang akrab disapa Tgk Agam ini menerima suap dan gratifikasi.
Sementara Hendri Yuzal dituntut 5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan. Sedangkan orang kepercayaan Irwandi, Teuku Saiful Bahri, dituntut 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Keduanya diyakini jaksa merupakan perantara suap untuk Irwandi.
Hendri Yuzal dan Saiful Bahri diyakini bersalah melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.
Menurut jaksa KPK, Irwandi menerima suap Rp 1 miliar dari Bupati Bener Meriah Ahmadi. Uang tersebut diberikan agar Irwandi menyetujui program pembangunan dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.
Dalam kasus ini, Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf didakwa menerima suap Rp 1,050 miliar dari Bupati Bener Meriah Ahmadi. Suap tersebut diberikan melalui staf dan orang kepercayaan Irwandi, yakni Hendri Yuzal dan Teuku Saiful Bahri.
Hakim yang mengadili persidangan ini dipimpin oleh ketua majelis hakim Saifuddin Zuhri didampingi oleh tiga anggotanya.
Persidangan ini dimulai sejak Senin (26/11/2018) yang sudah berlangsung sekitar 20 kali peridangan KPK menangkap ketiganya pada 3 Juli 2018 dalam satu operasi tangkap tangan (OTT) bersama-sama dengan Bupati Bener Meriah Ahmadi yang sudah divonis 3 tahun dan kini di LP Sukamiskin Bandung. []
MURIZAL HAMZAH

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda