87 Rumah Dibakar Saat Bentrok, Polisi Tangkap 81 Warga

-

- Advertisment -

87 Rumah Dibakar Saat Bentrok, Polisi Tangkap 81 Warga

Petugas kepolisian berjaga-jaga di Desa Gunung Jaya, Buton, Sulawesi Tenggara pasca pertikaian antar warga di dua desa, Rabu (5/6/2019). (Foto: KOMPAS)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pihak kepolisian mengamankan sebanyak 81 orang yang diduga sebagai pelaku penyerangan dan pembakaran terhadap 87 unit rumah di Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (8/6).
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo seperti dilansir dari laman CNN Indonesia mengatakan ,saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku.
“Jumlah masyarakat yang saat ini diamankan berjumlah 81 orang laki-laki,” kata Brigjen Dedi, Sabtu (8/6).
Dedi menjelaskan kronologi penangkapan ke-81 orang tersebut. Awalnya pada pukul 06.00 WITA sedang dilaksanakan apel pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Buton AKBP Andi Herman. Pasukan terdiri dari 290 personel.
Pukul 06.35 WITA, lewat seorang bernama La Pahi yang merupakan warga Desa Sampuabalo di tempat persiapan apel. Dia pun diamankan karena salah satu terduga pelaku.
Sekitar jam 07.30 WITA, polisi bergerak memasuki Desa Sampuabalo. Pada pukul 07.46 berhasil diamankan sekelompok masyarakat khususnya pria dengan sejumlah barang bukti parang, tombak, pisau, badik dan busur yang disimpan di sekitar rumah penduduk.
“Saat ini ke 81 orang yang diamankan dalam proses pergeseran dari Kabupaten Buton menuju Polda Sulawesi Tenggara, menggunakan jalur laut,” tuturnya.
Untuk diketahui, bentrok warga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya, Selasa (4/6) mengakibatkan dua orang meninggal dan delapan orang lainnya terluka.
Kerusuhan bermula dari konvoi muda-mudi yang dilakukan di malam takbiran, Selasa (4/6). Sekitar 40 orang Desa Sampuabalo melakukan konvoi dengan 20 motor knalpot racing yang identik dengan bunyi bising.
Di depan permukiman warga, mereka memainkan gas motornya. Hal tersebut pun membuat masyarakat Desa Gunung Jaya terganggu hingga berujung pada bentrokan dan pembakaran rumah.

Lihat Juga: Bentrok Usai Salat Idul Fitri, 87 Unit Rumah Dibakar
Fakta Amuk Massa hingga Bakar Mapolsek Bendahara
Pengeroyokan Kasat Reskrim Wonogiri, Polisi Tetapkan 21 Tersangka

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda