3 Rumah Sakit Aceh Timur Turun ke Kelas D

-

- Advertisment -

3 Rumah Sakit Aceh Timur Turun ke Kelas D

RSUD Dr. Zubir Mahmud, Aceh Timur. (Foto: Zamzami Ali/Klikkabar.com)

*Rekomendasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI
KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan merekomendasikan penyesuaian kelas sebanyak 21 rumah sakit yang tersebar di Provinsi Aceh.
“Rekomendasi penurunan kelas rumah sakit ini tidak hanya terjadi di Aceh, juga di seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia,” kata Kasi Pengelolaan Rujukan Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Ira Melati, MKM dilansir dari Antara, Kamis (18/7).
Diantara 21 rumah sakit di Aceh yang dikeluarkan rekomendasi penurunan kelasnya oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan itu, 3 diantaranya merupakan rumah sakit yang ada di Kabupaten Aceh Timur.

Baca: 21 Rumah Sakit di Aceh Direkomendasikan Turun Kelas

Dua rumah sakit yang selama ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, yakni RSUD Dr. Zubir Mahmud dan RSUD Sultan Abdul Aziz Syah direkomendasikan penurunan dari kelas C menjadi kelas D.
Sementara itu, RS Graha Bunda yang selama ini dioperasikan oleh organisasi sosial atau yayasan, juga ikut direkomendasikan penurunan dari kelas C menjadi kelas D.
Masih mengutip Antara, penurunan kelas setiap rumah sakit yang sudah direkomendasikan, kata Ira, akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan yang memberikan izin operasional. Jadi, kata dia, Kemenkes RI hanya mengeluarkan rekomendasi bahwa ada rumah sakit yang tidak sesuai kelasnya dengan yang ada sekarang.

Baca: RSUD Dr Zubir Mahmud Layak di Kelas C

Menurutnya, rekomendasi yang sudah dikeluarkan tersebut saat ini masih dalam proses awal, dan masih ada masa sanggah, masa analisa, ada masa penetapan.
“Nanti setelah masa penetapan dilakukan sekitar bulan September 2019, barulah ke luar hasil penetapan kelas rumah sakit yang baru, apakah sesuai dengan di kelasnya atau turun sesuai dengan rekomendasi yang kami keluarkan,” tuturnya.
“Apabila sebuah rumah sakit menginginkan kembali status kelasnya naik, maka manajemen rumah sakit harus bisa menyesuaikan dengan Permenkes RI yang baru tentang Perizinan dan Klasifikasi Rumah Sakit yang berlaku saat ini,” jelasnya.

Lihat Juga: Secercah Harapan untuk Salma
Belum Punya Traffic Light, Ini Penjelasan Dishub Aceh Timur
Aceh Timur ‘Sumbang’ Deforestasi dan Titik Api Terbanyak di Aceh

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda