Bumi yang Sehat Bukan Pilihan, Tapi Kebutuhan

-

- Advertisment -

Bumi yang Sehat Bukan Pilihan, Tapi Kebutuhan

KLIKKABAR.COM – Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mendukung segenap pemulihan dan pelestarian lingkungan dan alam Indonesia. Dukungan ditunjukkan Puan dengan menanam pohon pada Hari Bumi Sedunia (Earth Day) yang diperingati setiap 22 April dengan tema khusus tahun 2021 ini yaitu Restore Our Earth atau Pulihkan Bumi Kita.

Puan mengungkapkan, tema tersebut fokus pada proses alam, teknologi hijau yang sedang berkembang dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia.

Restore Our Earth juga bermakna bahwa mitigasi atau adaptasi bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi perubahan iklim. Setiap tahun, lebih dari 1 miliar orang di 192 negara berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi.

Demikian disampaikan Puan dalam pidato Peringatan Hari Bumi 2021. Acara digelar dengan penanaman pohon alpukat bersertifikat dan pohon langka lainnya serta peresmian pemasangan biopori di Kompleks Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

“Kita harus memulihkan bumi tidak saja karena kita peduli dengan alam, tetapi karena kita membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan, kelangsungan hidup, dan kebahagiaan kita. Planet yang sehat bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan. Ini langkah kecil yang berdampak besar,” ujar Puan seraya berharap ibadah puasa yang sedang dijalankan tidak mengurangi semangat untuk membuat lingkungan sekitar yang telah hijau menjadi lebih hijau.  

Politisi PDI-Perjuangan tersebut menegaskan, penanaman pohon merupakan salah satu upaya dalam menjaga lingkungan, memulihkan ekosistem dan membantu menciptakan ekosistem baru. Serta, mencegah terjadinya banjir sebagai salah satu upaya pemulihan bumi di lingkungan terdekat.

“Saya berharap, penanaman pohon ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk melakukan hal yang sama di lingkungan kita masing-masing, termasuk di rumah. Selamat Hari Bumi,” pesan Puan.

Puan mengingatkan, penanaman pohon tidak hanya sekedar seremonial namun juga perlu tindak lanjut perawatan sebagai perwujudan cita-cita DPR menjadi green building.

“Sebelum penanaman pohon, DPR RI sudah lama mengurangi penggunaan botol plastik kemasan air sekali pakai dan ke depan terus mengurangi penggunaan kertas lalu beralih menjadi basis elektronik (e-parlemen). Cita-cita DPR menjadi green building dan kita sangat peduli climate change,”  pungkas Puan.

Turut hadir Wakil Ketua DPR RI Korinbang Rachmat Gobel, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto, Pimpinan BURT DPR RI Novita Wijayanti dan Evita Nursanty didampingi Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Deputi Persidangan Setjen DPR RI Damayanti, Kepala Biro Pimpinan Setjen DPR RI Djaka Dwi Winarko, dan Plt. Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Mohammad Djazuli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda