20 April Hari Ganja Sedunia; Gunakan Ganja untuk Medis

-

- Advertisment -

20 April Hari Ganja Sedunia; Gunakan Ganja untuk Medis

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Hari ini, 20 April merupakan Hari Ganja Sedunia. Yayasan Sativa Nusantara (YSN), sebagai organisasi yang fokus pada advokasi pemanfaatan tanaman-tanaman Indonesia – termasuk ganja, mendorong pemerintah dan DPR untuk meregulasi pemanfaatan ganja – terutama untuk urusan medis.

“Negara dapat mencari bukti-bukti yang diperlukan untuk mendukung kebijakan ini dari riset-riset yang telah banyak dilakukan di belahan dunia lain.  Pemanfaatan medis ganja yang dapat melibatkan berbagai aktor: pemerintah pusat dan daerah, universitas, pusat-pusat riset dari dalam negeri maupun luar, kelompok masyarakat yang memiliki budaya ganja, bahkan swasta,” kata Direktur Hukum dan Kebijakan YSN Yohan Misero, Selasa (21/4/2021).

Yohan menyatakan, seruan ini bahkan digaungkan oleh aktor Jeff Smith yang menghadapi proses hukum terkait ganja.

Pada konferensi pers yang diadakan Polres Jakarta Barat, Jeff Smith menyampaikan bahwa ganja tidak layak dikategorikan sebagai narkotika golongan I dan secepatnya Indonesia harus melakukan penelitian. S

eruan ini menjadi usulan perubahan terakhir yang dikumandangkan tokoh publik pasca Pandji Pragiwaksono, Jefri Nichol, dan kawan-kawan lain.

“Kami menilai penempatan ganja, dengan berbagai spesies dan zat turunannya, di narkotika Golongan I sebagai sesuatu yang amat bermasalah.  Di situasi ekonomi saat ini, pemanfaatan ganja sebagai sebuah aset dengan skema legal, menurut kami, sangat layak untuk dipertimbangkan,” ajaknya.

Dengan masuknya Judicial Review dari koalisi masyarakat sipil tentang penjelasan Pasal 6 dan Pasal 8 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, perubahan regulasi internasional tentang pemanfaatan ganja untuk medis tahun lalu di PBB, serta kewenangan inheren Kementerian Kesehatan berdasarkan Pasal 6 ayat 3 UU Narkotika untuk mengubah golongan, pihaknya berharap Pemerintah dan Parlemen dapat menyambut peluang perubahan ini dengan lebih cepat dan terbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda