Nomor Tak Dikenal Sering SMS? Ini Penjelasan Telkomsel

-

- Advertisment -

Nomor Tak Dikenal Sering SMS? Ini Penjelasan Telkomsel

KLIKKABAR.COM – Tagar boikotTelkomsel sempat ramai dicuitkan oleh warganet di Twitter pada Sabtu (11/7) kemarin. Dari tagar tersebut, banyak yang membicarakan mengenai nomor pelanggan Telkomsel yang sering mendapat sms dari nomor tidak dikenal.

Nomor-nomor tersebut menawarkan berbagai macam produk, mulai dari menawarkan modal usaha, menawarkan produk CCTV, pengumuman undian berhadiah, dan bermacam jenis lainnya.

GM External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim menjelaskan ada banyak kemungkinkan mengenai pelanggan Telkomsel yang mendapat sms aneh-aneh tersebut.

Namun, pihaknya menegaskan bahwa Telkomsel tidak menjual data pelanggan sehingga para pelanggan mendapat sms dari orang tak bertanggungjawab.

“Kami tidak mungkin menjual data. Kami punya standar dan aturan jadi itu tidak mungkin sekali kami lakukan,” ujarnya seperti dilansir dari laman Kompas, Minggu (12/7).

Dijelaskan Aldin, pelanggan yang mendapat pesan sms dari nomor-nomor yang tidak dikenal dipastikan bukan dari Telkomsel. Orang juga bisa iseng dengan hanya mengurutkan nomor-nomor tertentu, sehingga korban dipilihnya secara acak.

“Nomor-nomor panjang yang melakukan sms promosi ada yang menjurus ke penipuan itu benar-benar di luar tanggung jawab operator,” kata dia.

Selain itu, data juga bisa didapat dari hacker yang melakukan hack terhadap suatu website. Sementara itu pada kasus bocornya data Denny Siregar, pada akhirnya polisi menangkap CS.

Pembobolan data dari dalam seperti itu tidak dilakukan secara masif tapi hanya oleh oknum tertentu. Pencurian data seperti itu tidak diperbolehkan dan tidak dibenarkan. Telkomsel memiliki aturan terkait hal tersebut.

Broadcast Resmi

Aldin juga menjelaskan, sms resmi dari Telkomsel tidak berasal dari nomor-nomor tidak dikenal. Salah satu unit bisnis Telkomsel adalah digital advertising, di mana ada sms broadcast di sana.

Pelanggan yang berkenan mendapat sms iklan dari perusahaan yang bekerjasama dengan Telkomsel akan mendapat sms. Tapi, pelanggan biasanya ditawari terlebih dahulu mau atau tidaknya mendapat sms.

Jika mau, Telkomsel baru memasukkannya ke dalam list pelanggan yang di-blast pesan. Dia mencontohkan beberapa perusahaan yang resmi bekerjasama antara lain Burger King, Dunkin Donat, Lazada, CFC, dan lain-lain.

“Itu resmi, mereka menggunakan jasa kita. Tapi kita nggak sembarangan nge-blast sms. Ada persetujuan dengan pelanggan,” jelasnya.

Lalu, bagaimana jika mendapatkan sms dari orang tak dikenal atau sms spam? Aldin mengatakan jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188.

Selain itu bisa juga dengan cara:

– Mengirimkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN. Dalam hal tersebut tidak dikenai biaya alias gratis.

– Menghubungi melalui chatting dengan asisten virtual di LINE, Telegram, Facebook Messenger Telkomsel (facebook.com/telkomsel), dan Twitter @telkomsel.

– Mengirimkan email ke cs@telkomsel.co.id.

– Informasi lebih lanjut mengenai penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel dapat dilihat di menu Waspada Penipuan.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda