Kedubes AS Tetap di Yerusalem Jika Joe Biden Jadi Presiden

-

- Advertisment -

Kedubes AS Tetap di Yerusalem Jika Joe Biden Jadi Presiden

KLIKKABAR.COM – Joe Biden berjanji dan memastikan kedutaan AS di Israel tetap di Yerusalem jika kelak terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Pemilihan Presiden AS dijadwalkan berlangsung pada 3 November 2020 mendatang.

Sebelumnya, calon presiden dari Partai Demokrat ini memang tidak setuju dengan keputusan kontroversial Donald Trump untuk memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Joe Biden yang juga mantan Wakil Presiden AS itu mengatakan, kedutaan tidak seharusnya dipindahkan, tanpa keputusan tersebut menjadi bagian dari perjanjian damai Timur Tengah yang lebih luas antara Israel dan Palestina.

“Tapi sekarang setelah selesai, saya tidak akan memindahkan kedutaan kembali ke Tel Aviv,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sindonews dari Al Arabiya, Kamis (30/4/2020).

Lokasi kedutaan AS adalah masalah panas, status Yerusalem adalah salah satu masalah yang paling diperdebatkan dalam konflik Israel-Palestina.

Israel diketahui merebut kendali atas Yerusalem timur pada tahun 1967 dan kemudian mencaploknya dalam tindakan yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Israel menganggap kota itu sebagai Ibu Kota mereka dan tidak akan pernah berniat untuk membaginya. Palestina, di sisi lain, percaya bahwa timur diduduki secara ilegal dan melihatnya sebagai Ibu Kota negara masa depan mereka.

Trump menghancurkan status quo ketika ia mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan mengumumkan keputusannya untuk memindahkan kedutaan AS ke kota tersebut pada Desember 2017.

Dia telah berulang kali membual bahwa dia adalah presiden AS paling pro-Israel dalam sejarah dan telah memangkas bantuan kepada Palestina sambil memberikan konsesi besar kepada Israel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda