Jumlah Peneliti Indonesia Kalah dari Vietnam

-

- Advertisment -

Jumlah Peneliti Indonesia Kalah dari Vietnam

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Jumlah peneliti di Indonesia saat ini masih minim serta masih kalah dari Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

“Padahal demi mendukung R&D (Research and Development), kita harus punya SDM yang cukup dari kalangan peneliti, tentunya juga berkualitas,” sebut Menristek Bambang Brodjonegoro saat acara “Anugerah Hak Kekayaan Intelektual Produktif dan Berkualitas” dilansir laman Kompas, Rabu (18/11/2020).

Bambang menuturkan pengembangan Indonesia yang menjadi negara berbasis ekonomi inovasi perlu waktu dan jalan yang cukup panjang. Dia tetap memberikan apresiasi kepada para peneliti negeri ini, khususnya peneliti yang semangat meluncurkan jurnal ilmiah dengan standar internasional.

“Jadi memang ada semangat peneliti untuk inovasi yang berkualitas. Memang bicara publikasi jurnal, itu terlihat mereka (peneliti) yang ada di perguruan tinggi,” kata Bambang.

Dari segi kuantitas, jurnal yang dihasilkan baik. Bahkan, jumlah jurnal sudah cukup bersaing di Asean.

“Namun tetap indikator yang paling utama itu adalah kualitas,” tutur dia.

Dia berharap jumlah peneliti di negeri ini semakin banyak, baik dari lembaga maupun perguruan tinggi.

Ketika bertambah, maka akan mendorong banyaknya inovasi yang muncul di Indonesia.

“Jurnal di kita juga semakin banyak yang masuk Scopus, itu yang mendorong peneliti untuk promosikan karya yang mereka ciptakan, dan menjadi inovasi bagi mereka sendiri,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda