Aceh Komit Jaga Kerukunan Beragama

-

- Advertisment -

Aceh Komit Jaga Kerukunan Beragama

Ilustrasi, kerukunan beragama di Aceh. (Agus Setyadi/detikTravel)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H.M. Daud Pakeh menyatakan komitmennya menjaga kerukunan beragama di provinsi yang dijuluki Serambi Makkah ini. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menjaga kearifan lokal.
“Langkah dalam menjaga kerukunan beragama banyak sekali, menjaga kearifan lokal salah satu upaya kita,” kata Daud Pakeh kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (8/4/2019) tadi malam.
Pernyataan itu disampaikan Daud Pakeh usai membuka Rapat Koordinasi Penyusunan dan Pembahasan Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) Kemenag Aceh untuk tahun 2020.
Daud Pakeh menjelaskan, ada banyak langkah yang perlu dilakukan Kemenag Aceh untuk menjaga kerukunan bergama. Di antara banyak langkah itu, yang paling penting adalah peningkatan pemahanan ajaran agama sesuai ajaran yang dianut.
“Pemahan agama yang dianut itu salah satu upaya, tidak ada satu agama apapun yang ingin adanya permusuhan, tentunya dengan siapapun, tujuan agama adalah perdamaian,” jelas Daud Pakeh.
Rakor RKA-SK tersebut dilaksankan selama 4 hari, mulai dari tanggal 8 s.d 11 April 2019 yang diikuti seluruh Kakankemenag, Kasubbag TU, Perencana pada Kankemenag kabupaten/kota se Aceh, Kepala Bidang, Pembimas, Kasubbag dan Kasi di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh.
Saat membuka kegiatan, Daud Pakeh berpesan kepada seluruh peserta RKA SK untuk betul-betul fokus dan serius mengikuti kegiatan itu, duduk bersama merancang program kerja dan menyusun anggaran tahun 2020 untuk program strategis, inovatif dan bermanfaat untuk Masyarakat. Tahun 2020 harus lebih baik dari apa yang telah dicapai di tahun sebelumnya.
“Kegiatan RKA SK ini sangatlah penting, agar setiap program yang diusul kemenag Aceh pada tahun 2020 merupakan hasil dari Rakor, bukan dari salinan tahun sebelumnya atau asal copy paste. Juga kegiatan ini dilaksanakan lebih cepat, sebelum dilaksanakan rapat pembahasan anggaran tingkat nasional di Kemenag RI. untuk perbaikan siklus anggaran dan program lebih tepat,” lanjut Kakanwil.
Ia berharap agar program yang dicapai pada Rakor tahun ini adalah hal yang substantif, tajam, kongkret dan terarah.
“Forum Rakor seperti ini merupakan kegiatan strategis, karena dalam forum ini kita akan membahas dan menyepakati sejumlah rencana kerja dan kegiatan penting yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja dan pemantapan langkah kita menuju masa depan yang dicita-citakan,” pungkasnya. []

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda