3 Jenis Kartu Bayar MRT

-

- Advertisment -

3 Jenis Kartu Bayar MRT


KLIKKABAR.COM, JAKARTA –  Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan untuk naik MRT Jakarta setelah beroperasi komersial:
1.Pembayaran Pakai Kartu
PT MRT Jakarta memperbolehkan 3 jenis kartu untuk pembayaran tiket moda transportasi itu, yakni Kartu Jelajah Single Trip, Uang Elektronik, dan Kartu Jelajah Multi Trip.
Untuk Kartu Jelajah Multi Trip bisa diperoleh di mesin tiket atau loket yang tersedia di Stasiun MRT. Pengguna yang memakai kartu ini wajib membayar Rp 15.000, ditambah tarif perjalanan yang dikenakan.
Kartu Jelajah Single Trip dapat digunakan selama sepekan dan uang pembelian sebesar Rp 15.000 akan dikembalikan ketika penumpang mengembalikan kartu itu ke loket.  Pembayaran menggunakan uang elektronik bisa dilakukan dengan E-Money, Brizzi, Tap Cash, Flash, Jakarta One, dan Kartu Jak Lingko.
Untuk Kartu Jelajah Multi Trip saat ini belum diperjualbelikan lantaran masih dalam proses perizinan di Bank Indonesia. Nantinya kartu ini dapat dibeli seharga Rp 25.000, dan cara penggunaannya sama seperti kartu uang elektronik milik perbankan.
2. Operasional 05.30-22.00 WIB
Usai diresmikan Jokowi, jam operasional MRT Jakarta ialah 05.30-22.00 WIB. Saat beroperasi komersial, jam operasionalnya tidak berubah. Pada kesempatan itu, 8 rangkaian kereta atau trainset akan dioperasikan.
Sebulan kemudian, MRT Jakarta akan menambah jumlah kereta yang dioperasikan menjadi 16 trainset dengan headway di jam sibuk yakni 5 menit, dan jam nonsibuk sekitar 10 menit.
3.Tarif Terjauh Rp 14.000
Berdasarkan kesepakatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan DPRD DKI Jakarta, tarif terjauh MRT Jakarta ditetapkan sebesar Rp 14.000. Adapun tarif MRT yang diberlakukan tidak flat, melainkan semakin jauh jarak tempuh maka biayanya semakin mahal, begitu sebaliknya. Demikian dikutip dari kumparan, Senin (1/4/2019)
 

BERITA TERBARU

- Advertisement -

Berita Populer

- Advertisement -

Mungkin Anda SukaBERITA TERKAIT
Rekomendasi untuk Anda