Home / ACEH / Observasi Bau Menyengat, Medco Undang Pihak Ketiga ke Blok A

Observasi Bau Menyengat, Medco Undang Pihak Ketiga ke Blok A

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – PT Medco E&P Malaka akan segera mendatangkan tim akademisi untuk mengobservasi sumber bau menyengat di sekitar wilayah operasi Blok A, Kab. Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Sebelumnya, warga melayangkan protes terkait bau menyengat yang diduga berasal dari limbah dan sisa pembakaran di CPP Blok A. Bau tersebut membuat warga pusing dan mual hingga ada yang muntah.

Manager Fields Relations PT Medco E&P Malaka Dedi Sukmara, dalam keterangannnya kepada Klikkabar.com mengatakan, pelaksanaan penelitian dari tim akademisi tersebut akan dikoordinasikan dengan pemangku kepentingan.

Tim tersebut dikatakannya akan mendeteksi kualitas udara di lokasi sekitar CPP termasuk area yang dilaporkan oleh masyarakat. Hasil dari tim ini akan menjadi acuan bagi perusahaan untuk langkah penanganannya.

“Selain melibatkan pihak ketiga, perusahaan juga nantinya akan melibatkan pemangku kepentingan setempat dalam melakukan sosialisasi kondisi terkini,” ujar Dedi Sukmara, Kamis (16/5).

“Kami berharap dukungan dari semua pihak agar proses observasi ini dapat berjalan sesuai rencana sehingga permasalahan ini dapat segera terpecahkan,” imbuhnya.

Sebelumnya, informasi ini juga telah diteliti oleh pihak Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan tim dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral pada, 2-3 Mei.

Dari hasil pengecekan, dinyatakan bahwa kadar udara dalam batas aman dan tidak ditemukan gas beracun yang terdeteksi oleh alat multi gas detector.

Baca Juga: Bupati Rocky: Medco Harus Transparan

Bau Menyengat Tak Kunjung Reda, Warga Geruduk PT Medco

DPRA Akan Surati DLHK Terkait Hasil Pemeriksaan Udara Sekitar Tambang