Home / BERITA TERBARU / Enam Hoaks BJ Habibie Tutup Usia

Enam Hoaks BJ Habibie Tutup Usia

Presiden Ke-3 RI, Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. (Tribunnews.com)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Presiden KE-3 RI, Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB.

Sosok yang akrab disapa BJ Habibie itu meninggal dunia dalam usia 83 tahun. BJ Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Sebelum tutup usia, sosok kelahiran 25 Juni 1936 itu sempat beberapa kali diisukan meninggal, lalu belakangan diketahui bahwa informasi itu hoaks alias tidak benar.

Berdasarkan catatan Klikkabar.com, ada enam kabar hoaks yang menyatakan BJ meninggal dunia. Keenam kabar tersebut adalah:

1. Februari 2012

Di akhir Februari 2012 media sosial di Indonesia ramai mengabarkan soal meninggalnya BJ Habibie.

Tak jelas siapa yang menyebar, namun pembicaraan tersebut ramai dibicarakan pada Minggu (26/2/2019).

Ucapan belasungkawan pun mengalir di linimasa. Berita tersebut kemudian dikonfirmasi ketidakbenarannya oleh The Habibie Center.

2. November 2016

Pada 2016, di usianya ke-80 tahun, beredar berita yang menyebutkan bahwa BJ Habibie meninggal dunia. Kabar tersebut juga terdistribusi melalui jaringan percakapan, utamanya grup Whatsapp.

Akun @habibiecenter di Twitter kemudian mengkonfirmasi bahwa berita tersebut adalah hoaks.

Alhamdulillah Bapak B.J. Habibie dalam keadaan sehat walafiat. Saat ini beliau sedang di Jerman. Terima Kasih atas perhatiannya,” begitu pesan yang disampaikan @habibiecenter di Twitter seperti dilansir Kompas.com (1/11/2016).

Hari itu yang meninggal bukan Habibie, tapi Teddy Thohir atau Muchamad Thohir yang adalah ayah pengusaha Erick Thohir. Jenazah Teddy disemayamkan di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, yang berdekatan dengan rumah Habibie.

3. Januari 2017

Pada Januari 2017 kabar tutup usia BJ Habibie kembali berhembus. Saat itu, akun The Habibie Center kembali mengonfirmasi berita tidak benar tersebut.

Alhamdulillah Bapak BJ Habibie dalam keadaan sehat walafiat. Beliau masih di Jerman sesudah merayakan Tahun Baru dengan cucu-cucu beliau #bjh80,” dikutip dari akun The Habibie Center.

Mohon jangan menyebarluaskan berita yang tidak benar (hoax) atau yang tidak terverifikasi. #stopfakenews,” lanjut tulisan tersebut.

4. Maret 2017

Kabar meninggalnya BJ Habibie kembali beredar pada Maret 2017. Akun Facebook The Habibie Center kemudian mengkonfirmasi bahwa BJ Habibie sehat walafiat.

Alhamdulillah Bapak/Eyang Habibie sehat walafiat. Tadi malam beliau sangat senang ngobrol dan tertawa lepas dengan Reza dan Pandji LIVE dari Kediaman di Patra Kuningan di acara Indonesia Box Office Movie Awards di SCTV.

Semoga Eyang sehat selalu. #BJH80andstrong #panjangumur Mohon jangan pernah menyebarkan berita hoax dan silakan follow The Habibie Center di FB, Twitter & Instagram (@habibiecenter) untuk berita terkini dan terverifikasi.
#stophoax #verifikasiverifikasiverifikasi #thinkbeforeforwarding

5. April 2018

Pada 4 April 2018, sebuah kabar beredar luas di Indonesia bahwa BJ Habibie telah meninggal. Pria kelahiran Parepare itu dikabarkan meninggal dunia di Jerman.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun selamat jalan bapak Ing.H.Bacharuddin Jusuf Habibie,FREng Presiden RI ke 3 semoga husnul khotimah, amal ibadahnya di terima oleh Allah SWT. Aamiin ya robbal aalamiin,” tulis kabar yang beredar tersebut, Rabu (4/4/2018) seperti dilansir Liputan6.com.

Kemudian, akun Twitter resmi The Habibie Center @habibiecenter tegas membantah kabar tersebut.

JANGAN percaya HOAX! Dan jangan ikut menyebarkan berita tanpa verifikasi. Berita yg mulai tersebar (lagi) yang mengabarkan Pak BJ Habibie meninggal TIDAK BENAR! Cerdaslah dalam membaca dan membagi berita.”

Bahkan, sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto, menegaskan bahwa hal itu adalah kabar bohong alias hoaks (hoax).

“Kondisi aman, Pak. Memang di Indonesia hari ini beredar berita negatif. Terima kasih,” kata Rubijanto.

6. September 2019

Isu wafatnya BJ Habibie kembali muncul pada Selasa (10/9/2019). Ahli pesawat terbang itu dikabarkan meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Namun, belakangan diketahui bahwa kabar meninggalnya BJ Habibie yang beredar di media sosial adalah hoaks alias bohong belaka.

Hoax tersebut beredar di Facebook dan menyebar lebih jauh lewat WhatsApp. Lalu, keponakan BJ Habibie, Adrie Subono membantah kabar tersebut. Ia menyatakan hingga kini Habibie tengah menjalani perawatan.

“Berita meninggalnya Pak Habibie yang beredar pagi ini tidak benar/hoax,” ujar Adrie Subono. []