Home / ACEH / BBPOM Amankan 294 Produk Kosmetik Ilegal

BBPOM Amankan 294 Produk Kosmetik Ilegal

Kepala BBPOM di Banda Aceh, Zulkifli (dua kanan) memperlihatkan produk kosmetik ilegal dalam konferensi pers, Senin (2/9/2019). (Muhammad Fadhil/Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Balai Besar POM (BBPOM) di Banda Aceh mengamankan 294 item produk kosmetik ilegal selama operasi pada minggu keempat dan kelima Agustus 2019.

Kepala BBPOM di Banda Aceh, Zulkifli menyebutkan bahwa produk kosmetik itu memiliki jumlah total 2.542 pack. Barang itu diamankan di enam kabupaten/kota di Aceh.

Dia merincikan, lokasi-lokasi yang diamankan yaitu di Kabupaten Aceh Utara, Aceh Besar, Bireuen, Kota Banda Aceh, Lhokseumawe, Langsa.

Saat melakukan razia, kata Zulkifli, mereka dibantu petugas dari Polda Aceh, Satpol PP Aceh, polres setempat dan Satpol PP kabupaten/kota.

“Barang bukti kosmetik itu diamankan dalam aksi penertiban pasar dari kosmetika ilegal atau mengandung berbahaya tahap 1 tahun 2019,” kata Zulkifli di Banda Aceh, Senin (2/9/2019).

Selain melakukan operasi itu, pihaknya juga melakukan operasi rutin, di mana pengawasan dilakukan pada sarana distribusi kosmetik di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Disebutkannya, selama 2019 hingga Agustus, pihaknya telah memeriksa sebanyak 113 sarana dengan hasil 51 sarana memenuhi ketentuan dan 64 sarana tidak memenuhi ketentuan BPOM.

“Dalam operasi rutin ada 632 item yang kita amankan dengan total 8.044 pack,” kata Zulkifli. []

MUHAMMAD FADHIL