Home / BERITA TERBARU / Mahasiswa Aceh Berdoa Kenang Tragedi Sp KKA

Mahasiswa Aceh Berdoa Kenang Tragedi Sp KKA

Foto: IST

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Ikatan Mahasiswa & Pemuda Aceh (IMAPA) Jakarta pada Kamis (2/5/ 2019) malam, mendoakan para korban tragedi Simpang KKA, Aceh Utara. Tragedi 20 tahun lalu, 3 Mei 1999 merupakan hari kelam bagi masyarakat di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

“Kami sebagai warga Aceh yang sekarang sedang menuntut ilmu di Jakarta, ikut merasakan kesedihan yang sama dengan para keluarga korban, sehingga tergerak hati saya dan teman-teman lainnya untuk mengadakan doa bersama ini,” ujar Ketua Pelaksana, Ulul Azmi, Jumat (3/5/2019).

Plt Ketua Umum IMAPA Jakarta, T. Mulya Syahputra menuturkan  peristiwa 20 Tahun silam ini merupakan catatan kelam bagi Hak Asasi Manusia (HAM) yang mana termasuk kategori kejahatan kemanusiaan yang sangat berat, dan harus diusut hingga tuntas.

“Peristiwa Simpang KKA ini merupakan suatu pelanggaran berat terhadap Hak Asasi Manusia, akan menjadi suatu kewajiban bagi negara untuk mengusut tuntas peristiwa ini untuk memberikan rasa keadilan bagi seluruh para keluarga korban dan masyarakat,” ujarnya.

Mulya mengakui, bahwa peringatan 2 dekade tragedi Simpang KKA ini menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk mensyukuri dan mengisi perdamaian di Aceh dengan hal yang bermanfaat.

“Peringatan 20 tahun peristiwa berdarah di Simpang KKA ini menjadi suatu pelajaran bagi kita untuk mensyukuri perdamaian Aceh-RI, dan mengisi perdamaian tersebut dengan hidup guyub antar masyarakat, serta terus belajar dan memberikan gagasan maupun inovasi baru demi kemajuan Tanoh Endatu,” tambah mahasiswa UIN Jakarta tersebut.

Baca Juga: Warga Aceh di Jawa Kenang Tragedi Sp KKA

Pemerintah Aceh Dinilai tak Serius Tuntaskan Pelanggaran HAM

Melawan Lupa, Tragedi Berdarah Simpang Kuala Idi Cut dan Arakundo