Home / ACEH / Warga Aceh Diminta Hati-hati Memilih Travel Umrah

Warga Aceh Diminta Hati-hati Memilih Travel Umrah

Ilustrasi. (Nurhadi/Fajar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Warga Aceh diminta untuk lebih berhati-hati dalam memilih biro atau travel perjalanan umrah. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya penipuan.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Bimbingan Jamaah Haji Kemenag RI, H Arsyad Hidayat, Lc, MA kepada wartawan di Banda Aceh, Sabtu (15/12/2018).

“Masalah umrah, bukan cuma permasalahan di Aceh, tetapi semua Nusantara. Saya sampaikan jemaah harus pandai memilih mana travel yang kira-kira cocok untuk selamat melaksanakan ibadah (umrah),” kata Arsyad.

Kata dia, setidaknya ada lima pasti yang harus diperhatikan oleh calon jemaah sebelum memilih travel atau biro perjalanan umrah.

Kelima pasti itu adalah pastikan travel tersebut memiliki izin, pastikan penerbangannya (pesawat), pastikan jadwalnya, pastikan visanya dan pastikan hotelnya.

“Kalau lima pasti itu sudah dipegang, baru pilih trabvel tersebut untuk laksanakan umrah,” jelas Arsyad.

Hal yang sama juga dikatakan Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh. Menurutnya, untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada travel umrah, pihaknya sudah bekerja sama dengan Polda Aceh.

Begitu juga Kemenag Kab/Kota di Aceh, mereka bekerja sama dengan polres setempat.

Menurut Daud Pakeh, hal ini sangat penting supaya begitu ditemukan pelanggaran, pihak berwajib langsung bertindak.

“Jika ada travel tidak resmi memasang iklan di jalan maka akan diturunkan dan ditertipkan, nama-nama travel yang resmi sudah ada di pihak kepolisian,” sebut Daud Pakeh. []